PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI BENTUK ALJABAR UNTUK SISWA KELAS VII SMP/MTs

Ghina Priskawani Ridwan, Putri Yuanita, . Syofni

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terbatasnya perangkat pembelajaran matematika yang sesuai dengan Kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berupa Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Aktifitas Siswa (LAS) dengan menggunakan model Problem Based Learning pada materi bentuk aljabar untuk siswa kelas VII SMP/MTs yang valid dan praktis. Model pengembangan penelitian ini adalah model 4-D yang terdiri dari tahap define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Perangkat  pembelajaran  yang telah dikembangkan  divalidasi  oleh  tiga  orang  validator  dan  direvisi  sesuai  saran  dari validator. Rata-rata skor hasil validasi untuk silabus, RPP, dan LAS adalah 100%, 96.66%, dan 93.58% dengan kategori sangat valid. Hasil validasi ini menunjukkan bahwa silabus, RPP, dan LAS sudah layak untuk diujicobakan. LAS yang telah valid kemudian diujicobakan pada kelompok kecil. Rata-rata skor hasil  uji coba kelompok kecil untuk LAS adalah 89.58% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil analisis data dan   pembahasan   dapat   disimpulkan   bahwa   Silabus,   RPP   dan   LAS   yang dikembangkan dengan menggunakan model Problem Based Learning pada materi Bentuk Aljabar untuk kelas VII SMP/MTs telah memenuhi kriteria valid.

Kata kunci: Perangkat Pembelajaran Matematika, Model Problem Based Learning, Kurikulum 2013, Bentuk Aljabar, Model Pengembangan 4-D

Full Text:

PDF

References


Daryanto dan Aris Dwicahyono. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran (Silabus, RPP, PHB, Bahan Ajar). Gava Media. Yogyakarta.

Niluh Sulistyani, & Heri Retnawati,. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bangun Ruang di SMP dengan Pendekatan Problem Based Learning. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 197-210.

Paloloang, M. F. B. (2014). Penerapan model problem based learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi panjang garis singgung persekutuan dua lingkaran di kelas VIII SMP Negeri 19 Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 2(1).

Pemerintah Indonesia. 2003. Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Lembaran RI Tahun 2003 No. 20. Sekretariat Negara. Jakarta.

Permendikbud No 14 Tahun 2007 Tentang Standar Isi untuk Program Paket A, Program Paket B dan Program Paket C. Kemendikbud RI. Jakarta.

Permendikbud No 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Kemendikbud RI. Jakarta.

Retnawati, H. (2015). Hambatan guru matematika sekolah menengah pertama dalam menerapkan kurikulum baru. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 34(3).

Sa’dun Akbar. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Saragih, H. (2016). Meningkatkan ketrampilan guru membuat perangkat pembelajaran berbasis kurikulum 2013 bagi guru pada sekolah. JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-ilmu Sosial, 8(2), 114-122.

Syahrir, S. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika SMP untuk Meninpgkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 2(1), 436-441.

Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Trianto Ibnu Badar Al-Tabany. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum 2013. Prenadamedia Group. Jakarta.

Yusri, A. Y. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta didik Kelas VII di SMP Negeri Pangkajene. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 51-62.




DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v12i1.1950

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/