PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN TEKNIK TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP DWI DHARMA MOJOWARNO TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Riku Shinta Claudial

Abstract


Belajar akan lebih bermakna jika siswa mengalami apa yang dipelajarinya, bukan mengetahuinya.  Alternatif pembelajaran yang dapat mencerminkan siswa untuk belajar lebih baik jika lingkungan diciptakan alamiah yaitu pembelajaran kooperatif dengan teknik Two Stay Two Stray yang mampu membuat pembelajaran lebih hidup dan bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar Matematika siswa dengan menggunakan pembelajaran kooperatif dengan teknik Two Stay Two Stray. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Penelitian ini dilaksanakan di semester ganjil pada siswa kelas VIII B SMP Dwi Dharma Mojowarno tahun pelajaran 2015/2016 dengan jumlah 20 siswa. Pada penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yakni pengamatan aktivitas siswa dan tes hasil belajar siswa. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar observasi aktivitas siswa dan lembar tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, aktivitas siswa pada proses pembelajaran pada siklus I sebesar 66,45 % tergolong aktif, meningkat menjadi 85,2% pada siklus II dan tergolong aktif sekali. Ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal, yaitu dalam siklus I sebesar 55% dan pada siklus II meningkat menjadi 85%. Dengan demikian pembelajaran kooperatif dengan teknik Two Stay Two Stray materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Matematika siswa kelas VIII SMP Dwi Dharma Mojowarno tahun pelajaran 2015/2016.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v1i1.208

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Journal Program Studi Pendidikan Matematika



OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/