ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA XII IPS SMAN 10 PINRANG DI MASA PANDEMI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesulitan-kesulitan siswa kelas XII IPS SMAN 10 Pinrang dalam mempelajari mata pelajaran matematika pada materi Statistika dimasa Pandemi. Penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif Kualitatif yang berupaya menganalisis kesulitan belajar peserta didik di masa Pandemi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XII IPS yang terdiri atas 21 peserta didik. Model pengumpulan data meliputi tes tingkat pemahaman matematis pada materi Statistika. Dari hasil penelitian didapat kesimpulan bahwa kesulitan siswa kelas XII IPS dalam statistika adalah kurangnya pemahaman siswa dalam memahami konsep, sering salah menggunakan rumus dalam menyelesaikan soal, juga kurangnya minat siswa untuk mengikuti pembelajaran yang berbasis online, kemudian siswa kurang keinginannya dalam menyelesaikan contoh soal yang diberikan oleh guru. Sehingga diambil kesimpulan bahwa hipotesisnya terbukti benar bahwa adanya kesulitan belajar dalam pembelajarn matematika pada materi statistika siswa kelas XII IPS SMAN 10 Pinrang
Kata kunci: Kesulitan Belajar, Pembelajaran Matematika
Full Text:
PDFReferences
Ilmiyah, S. (2020).Surotul Ilmiyah-PBNU Mencegah penyebaran COVID-19. Dipetik april 13, 2020, dari youtube alobatnic: http://youtu.be/rYlypLWR3Qw
kemendikbud. (2020). Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari rumah.www.kemdikbud.go.id
Yaumi, Muhammad. 2018. MEDIA DAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN. Jakarta : PRENAMEDIA GROUP.
DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v12i2.2137
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :
Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/