STRATEGI MAHASISWA CALON GURU MATEMATIKA DALAM MEMBUAT PERSAMAAN MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN KOMPLEKS

Syarifatul Maf'ulah, Ama Noor Fikrati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan strategi mahasiswa calon guru matematika dalam membuat persamaan materi operasi hitung bilangan kompleks. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan instrument tes dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Matematika STKIP PGRI Jombang yang dipilih berdasarkan perbedaan jenis kelamin. Data hasil penelitian dianalisis melalui tahapan reduksi data, pemaparan data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Berdasarkan hasil tes, mahasiswa calon guru matematika berjenis kelamin laki-laki telah membuat sebanyak 10 persamaan secara benar (yang selanjutnya disebut sebagai persamaan baru). Dari 10 persamaan baru, mahasiswa laki-laki hanya memiliki satu jenis strategi dalam membuat persamaan, yaitu (1) menentukan nilai terlebih dulu melalui persamaan awal; (2) membuat persamaan baru berdasarkan nilai dengan melibatkan manipulasi matematika. Berdasarkan hasil tes, mahasiswa calon guru matematika berjenis kelamin perempuan telah membuat sebanyak 15 persamaan secara benar (yang selanjutnya disebut sebagai persamaan baru). Dari 15 persamaan baru, mahasiswa perempuan memiliki dua jenis strategi dalam membuat persamaan. Strategi jenis 1 adalah; mengalikan keduaruas Strategi jenis 2 adalah;  (1) menentukan nilai ; (2) mengganti angka 5 menjadi bilangan yang lain (misal m)  sehingga diperoleh ; (3) mensubstitusi  dengan ; (4) menentukan hasil dari  sehingga diperoleh suatu hasil ; (5) menuliskan persamaan baru, yaitu .

Kata kunci: strategi membuat persamaan, mahasiswa calon guru matematika


Full Text:

PDF

References


Haryani, D. 2012. Profil Proses Berpikir Siswa SMA dengan Gaya Kognitif Field Independent dan Berjenis Kelamin Laki-Laki dalam Memecahkan Masalah Matematika. Prosiding SNMPM Universitas Sebelas Maret 2012.

Kang M K and Lee B S 1999 J. Korean Soc. Math. Edu. Ser. D: Res. Math. Edu. 2 99-112

Le Blanc, J.F., Proudfit, L., & Putt, I.J. 1980. Teaching Problem Solving in the Elementary School. In Krulik, S. (Ed), Problem Solving in School mathematics (pp. 104-116) Reston, Virginioa: NCTM.

Maf’ulah, S., & Juniati, D. (2020). The Effect of Learning with Reversible Problem-Solving Approach on Prospective-Math-Teacher Students’ Reversible Thinking. International Journal of Instruction, 13(2), 329-342. Doi: 10.29333/iji.2020.13223a.

Maf’ulah, S., & Juniati, D. (2020). Model Reversible Problem based Learning (Model Pembelajaran untuk Diterapkan pada Mahasiswa). Yogyakarta: Erhaka Utama.

Maf’ulah, S. & Juniati, D. (2019). Students’ Strategies To Solve Reversible Problems Of Function: The Part Of Reversible Thinking. Journal of Physics: Conference Series 1417 012051.

Maf’ulah S, Juniati D. and Siswono, T. Y. E. (2017) The aspects of reversible thinking in solving algebraic problems by an elementary student winning national olympiad medals in science World Transactions on Engineering and Technology Education 15 1.

National Council of Teachers of Mathematics (NCTM). 2000. Principles and standards for school mathematics. Reston, VA: NCTM.

Silver, Edward A. 1997. Fostering Creativity through Instruction Rich in Mathematical Problem Solving and Thinking in Problem Posing. Pittsburgh: USA."

Slavin, R. E. 2006. Educational Psychology: Theory and Practice. Boston: Allyn &Bacon.

Soedjadi, R. 1992. Orientasi kepada Kemampuan yang Transferable. Media Pendidikan Matematika Nasional Nomor 2. IKIP Surabaya.




DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v12i2.2138

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/