PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA PADA MATERI GARIS DAN SUDUT KELAS VII SMP/MTS DENGAN MENGGUNAKAN KONTEKS PERMAINAN TRADISIONAL MELAYU RIAU

Nurul Zahara, Titi Solfitri, Syarifah Nur Siregar

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya bahan ajar matematika yang mengenalkan kebudayaan melayu yakni permainan tradisional melayu Riau kepada siswa sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar matematika berupa buku yang menggunakan permainan tradisional melayu Riau. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari tahap Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Instrumen yang digunakan ada penelitian ini adalah lembar validasi dan angket respon siswa. Berdasarkan hasil analisis data validasi diperoleh rata-rata penilaian bahan ajar adalah 3,58 dengan kategori sangat valid. Bahan ajar matematika yang telah valid kemudian diujicobakan pada kelompok kecil. Adapun persentase hasil uji coba kelompok kecil  adalah 88,26% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan dengan menggunakan konteks permainan tradisional Melayu Riau pada materi garis dan sudut yang dikembangkan dengan menggunakan model Discovery Learning pada materi telah memenuhi kriteria valid dan praktis untuk digunakan siswa kelas VII SMP/MTs.

Kata kunci: Bahan Ajar Matematika, Permainan Tradisional Melayu Riau, Model Pengembangan ADDIE.

Full Text:

PDF

References


Agung Hartoyo. 2012. Eksplorasi Etnomatematika pada Budaya Masyarakat Dayak Perbatasan Indonesia-Malaysia. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(1), 14-23.

Aini, E. P., Masykur, R., & Komarudin, K. 2018. Handout Matematika Berbantuan Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal. Desimal:Jurnal Matematika, Vol.1, No.1, 73.

Annis Deshinta dan Dafid Slamet Setiana. 2018. Bahan Ajar Matematika Berbasis Etnomatematika Kraton Yogyakarta. Prosiding Sendika 4, no.1

Dessy Kristianto. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Melalui Media Macromedia Flash pada Materi Peluang. Skripsi tidak dipublikasikan. Pendidikan Matematika Universitas Negeri Yogyakarta: Yogyakarta Dimyati dan Mudjiyono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Edi Saputro. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Menulis Berbasis Nilai-nilai Kearifan Lokal. Lentera 1: 1-22. STKIP PGRI. Bandar Lampung.

Daryanto dan Dwicahyono. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran (Silabus, RPP, PHB, dan Bahan Ajar). Yogyakarta :Gava Media.

Endang Mulyatiningsih. 2016. Pengembangan Model Pembelajaran. Diakses dari http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pengabdian/dra-endang-mulyatiningsih-mpd/7cpengembangan-model-pembelajaran. pdf. pada September.

Kemendikbud. 2018. Permendikbud No 35/2018: Perubahan atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 58 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah. BSNP. Jakarta.

Leliyana Nurqolbi, Yenita Roza, Syarifah Nur Siregar. 2020. Rancangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Motif Batik Melayu Riau pada Materi Transformasi Geometri Kelas IX SMP/MTs. Jurnal Online Mahasiswa FKIP UR. Vol.7 edisi 2 juli-desember 2020.

Novi Kristian, Suyono, Sunaryo. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Menulis Laporan Penelitian Berbasis Pengayaan Skemata Bacaan. Jurnal Pendidikan : Teori, Penelitian, dan Pengembangan 1 (2): 203-213.

Nur Kholis, Diana Tofan Fatchana. 2017. Urgensi Bahan Ajar Berbasis Multimedia bagi Guru Pendidikan Agama Islam. MODELLING: Jurnal Program Studi PGMI 4(2): 239-251. UIN Sunan Ampel Surabaya. Surabaya.

Syarah Erah Siti. 2012. Pengembangan Bahan Ajar Non Cetak Berbasis Ebook dengan Aplikasi Adobe Captivate 3.0 untuk Kelas VIII SMP Negeri 1 Cilimus. Diss. IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Zafirah A., Agusti F. A., Engkizar E., Anwar F., Alvi A. F., & Ernawati E. 2018. Penanaman nilai-nilai karakter terhadap siswa Melalui permainan congkak sebagai media pembelajaran. Jurnal Pendidikan Karakter, Vol. 8, No. 1.




DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v12i2.2139

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/