EFEKTIFITAS MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE CISCO WEBEX PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Septi Ulandari, Safiil Maarif

Abstract


Peran guru sangat penting dalam pembelajaran. Dalam menjalankan perannya guru harus dapat mengimbangi IPTEK yang sedang berkembang. Terutama pada saat pandemi Covid-19 saat ini pembelajaran dilakukan secara online. Guru harus  mampu menjadi fasilitator dengan memanfaatkan teknologi yang ada. Salah satu teknologi yang dapat digunakan dalam pembelajaran online adalah Cisco Webex. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran online Cisco Webex pada pembelajaran matematika peserta didik kelas XI SMK Muhammadiyah 02 Jogoroto. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan rancangan True Experimental Design tipe Posttest Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMK Muhammadiyah 02 Jogoroto yang terdiri dari 61 peserta didik dengan sampel penelitiannya adalah peserta didik kelas XI SMK Muhammadiyah 02 Jogoroto yang terdiri dari 52 peserta didik. Instrumen dalam penelitian menggunakan posttest yang diberikan setelah pembelajaran menggunakan media pembelajaran online Cisco Webex yang sebelumnya soal posttest sudah di uji validasi. Teknik analisis datanya menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai Sig.(2-tailed)  maka  ditolak atau dengan kata lain  diterima yang berarti bahwa ada perbedaan hasil belajar matematika peserta didik kelas XI SMK Muhammadiyah 02 Jogoroto yang diberi pembelajaran dengan dan tanpa menggunakan media pembelajaran online Cisco Webex. Karena ada perbedaan pada hasil belajar matematika peserta didik kelas XI SMK Muhammadiyah 02 Jogoroto maka dapat dikatakan bahwa ada pengaruh media pembelajaran online Cisco Webex terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas XI SMK Muhammadiyah 02 Jogoroto Sehingga dapat disimpulkan Bahwa media pembelajaran online Cisco Webex efektif digunakan pada pembelajaran matematika.

Kata kunci: : Media Pembelajaran Online Cisco Webex, Efektifitas, Hasil Belaja

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Manajemen Penelitian. Jakarta, Indonesia: PT Rineka Cipta.

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Gading Permai, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Direktorat Sistem Informasi dan Transformasi Digital, IPB University (2020). Manual Cisco Webex Video Conferencing. (Online) https://ict.ipb.ac.id/wp-content/uploads/2020/03/Manual-Cisco-Webex-rev1-Non-Graphical.pdf

Djamarah, S.B., & Zain, A. (2014). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta, Indonesia: PT Rineka Cipta.

Hamsah, R. A. & Taher, S. M. (2020). Efektivitas Metode Pembelajaran Diskusi Kelas dengan Menggunakan Aplikasi Cisco Webex di Departemen Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Tangerang. International Journal Of Langue Eduction and Culture Review.

Haniah, Asminiwaty, N. Sihombing ,O. (2019). Pengembangan Pembelajaran Tata Busana Berbasis Teknologi Digital (Webex Cisco) Untuk Instruktur Dan Peserta Didik. (Online) http://repositori.kemdikbud.go.id/18595/1/Panduan-Webex.pdf.

Harie, S. Rizkiyah, N. & Narsih, D. (2020). Pengaruh Metode E-Learning Menggunakan Cisco Webex Terhadap Pendidikan BioPreneur di SMA Bakti Idhata. Prosiding Seminar Nasional 2020.

Hasanah, U. (2020). Google dan Quizizz Pembelajaran dan Penilaian Berbasis Gawai. Lamongan, Indonesia: Penerbit Pagan Press.

Jamaludin, dkk (2020). Perspektif Sosiologi, Budaya, Hukum Kebijakan dan Pendidikan. (Online) di akses 29 Desember 2020.

Mahasiswa Tadris Matematika Angkatan 2019. (2020). Generasi Hebat Generasi Matematika. (Pramesti, Ed). Pekalongan, Jawa Tengah: PT Nasya Expanding Management.

Mulyasa, E. (2011). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan (Mukhlis, Ed.). Bandung, Indonesia: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Munadi, Y. (2010). Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. (Syaf, Ed). Ciputat, Jakarta: Gaung Persada (GP) Press.

Rozak & Hidayati, (2014). Pengolahan Data dengan SPSS. Jombang.

Sudjana, N. (2010). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung, Indonesia: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono, (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung, Indonesia: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v12i2.2141

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/