MASALAH ATAU KENDALA YANG DIALAMI SISWA KELAS X MA DDI TAKKALASI DALAM MENYELESAIKAN SOAL PERTIDAKSAMAAN RASIONAL

Arwinda Wulandari, Rustan Efendy, . Hasmiah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja yang menjadi masalah atau kendala siswa kelas X MA DDI Takklasi dalam menyelesaikan soal pertidaksamaan rasional.Jenis pendekatan pada penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deksriptif.Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini melibatkan sebanyak 24 siswa kelas X MA DDI Takkalasi. Peneliti melakukan pembelajaran secara langsung di dalam kelas dan memberikan soal sebanyak empat nomor kepada siswa untuk diselesaikan agar peneliti dapat mengetahui kesalahan-kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal yang berisi tentang pertidaksamaan rasional.Peneliti juga melakukan Tanya jawab kepada siswa saat mengerjakan soal tersebut.Untuk setiap jenis kesulitan dalam mengerjakan soal ini dihitung presentase jumlah siswa yang melakukan kesalahan yang sama

Kata kunci: masalah atau kendala,penyelesaian soal,pertidaksamaan rasional


Full Text:

PDF

References


Mustaqim,M.IkhsanandRahmah johar “Masalah-masalah kritis siswa SMA dalammenyelesaikansoalpertidaksamaanaljabar”(2019)http://jurnal.unsyiah.ac.id/peluang/article/download/15626/11740

Hidayah, S., 2016. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan SoalCerita SPLDV Berdasarkan Langkah PenyelesaianPolya. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika.Volume1,p.182190.http://repository.unikama.ac.id/840/22/182-190%20ANALISIS%20KESALAHAN%20SISWA%20DALAM%20MENYELESAIKAN% 20SOAL%20CERITA%20SPLDV%20BERDASARKAN%20LANGKAH%20PENYELESAI AN%20POLYA.pdf.

Julian, R., Bennu, S., Lefrida, R., 2016. Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 19 PaluDalam Menyelesaikan Soal Operasi PecahanBentuk Aljabar. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako. Volume 04, 02.p.248267.http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JEPMT/article/view/8438/6714.




DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v13i1.2267

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 EduMath Journal Prodi Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/