PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan keaktifan belajar matematika peserta didik di kelas XI MA DDI Lil Banat Parepare menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Jenis pendekatan pada penelitian ini adalah kuantitatif yang melibatkan peserta didik sebagai subjek penelitian. Penelitian dilakukan pada kelas XI MIPA MA DDI Lil Banat Parepare dengan jumlah 22 peserta didik. Peneliti melakukan pembelajaran konvensional pada siklus I, kemudian menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada siklus II. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi dengan 15 butir indikator keaktifan belajar. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan rumus rerata dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan persentase keaktifan belajar matematika peserta didik pada pembelajaran kooperatif tipe jigsaw yaitu peserta didik lebih memperhatikan penjelasan guru dan lebih bersemangat mengikuti pembelajaran dengan nilai 91% kategori sangat baik, sedangkan pada proses pembelajaran konvensional diperoleh nilai presentasi dari peserta didik yang memperhatikan penjelasan guru dan bersemangat dalam belajar yaitu 82% kategori baik. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa keaktifan belajar matematika peserta didik pada kelas XI MIPA MA DDI Lil Banat Parepare pada proses pembelajaran konvensional diperoleh nilai rata-rata 80,61 dengan kategori baik. Kemudian pada proses pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe jigsaw diperoleh nilai rata-rata keaktifan belajar matematika peserta didik meningkat menjadi 88,79 yang berada pada kategori sangat baik.
Kata kunci: Kooperatif tipe Jigsaw, Keaktifan Belajar, Matematika
Full Text:
PDFReferences
Anitra, Rien. (2021). Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(1), 8-12. http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v6i1.2311
Kahar, Muhammad Syahrul, et al. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Peningkatan Hasil Belajar. Aksioma : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 279-295. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i2.2704
Nurtaati, Hardiana. (2015). Peningkatan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Matematika Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Siswa Kelas Viiib Smp N 3 Satu Atap Karangsambung. Skripsi Sarjana; Program Studi Pendidikan Matematika: Purworejo.
Yasir, Muhammad. (2015). Model Kooperatif Jigsaw Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Materi Pencemaran Dan Kerusakan Lingkungan. Jurnal Biotik, 3(2), 138-144. http://dx.doi.org/10.22373/biotik.v3i2.1004
Yudiastika, Made. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Keaktifan, Hasil Belajar dan Respon Siswa. Emasains, 6(2), 102-113. https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains/article/view/518
DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v13i1.2268
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 EduMath Journal Prodi Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :
Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/