ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MEMAHAMI KONSEP OPERASI BILANGAN BULAT PADA MATERI MATRIKS

Mulyanti Rahma, Abd.Rahman, K, A. Tien Asmara Palintan

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menemukan bentuk dari kesalahan atau miskonsepsi yang dilakukan oleh peserta didik dalam mengerjakan soal yang memiliki keterkaitan dengan operasi hitung bilangan bulat, serta faktor yang menyebabkan peserta didik melakukan kesalahan tersebut. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik dari kelas XI di MA DDI Lil Banat. Peserta didik dalam mengerjakan soal yang memiliki nilai bilangan minus sulit untuk mereka pahami. Dilihat dari hasil analisis data maka dapat disimpulkan bahwa: miskonsepsi yang dilakukan peserta didik diantaranya tidak dapat melakukan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan negatif. Faktor yang menyebabkan peserta didik dalam melakukan kesalahan tersebut yaitu peserta didik belum mampu membedakan setiap tanda operasi yang diberikan serta belum paham terhadap aturan-aturan dalam operasi hitung bilangan bulat.

Kata kunci: Operasi bilangan bulat, analisis kesalahan, faktor kesalahan


Full Text:

PDF

References


Andri Anugrahana. (2020). Analisis kesalahan matematika konsep operasi hitung bilangan bulat mahasiswa calon guru sekolah dasar. Sigma, 5(2), 91-99.

Utomo, D. P. (2012). Pengetahuan koseptual dan prosedural dalam pembelajaran matematika. Jurnal prosiding matematika, 1(1), 21-31.

Mutia Fariha.(2018). Analisis kesalahan operasi dasar bilangan bulat peserta diklat teknis substantif guru matematika MI di BDK aceh tahun 2018. Al Khawarizmi, 3(1), 21-30.

Samuel Poernama Putra. (2013). Pembuatan Media Pembelajaran Operasi Hitung Matematika untuk siswa kelas IV sekolah dasar. Jurnal ilmiah mahasiswa Universitas Surabaya. Vol 2(2), 1-2




DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v13i1.2269

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 EduMath Journal Prodi Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/