PENGARUH PENGGUNAAN HANDPHONE TERHADAP MINAT SISWA DALAM BELAJAR MATEMATIKA DI UPTD SMP NEGERI 1 BARRU
Abstract
Zaman sekarang atau biasa dikatakan zaman 4.0 dimana teknologi semakin canggih terutama dalam hal teknologi kominakasi dan informasi, seperti hanphone yang sudah di kenal oleh semua kalangan baik dari kalangan anak –anak samapai lanjut usia dan termasuk juga siswa yang ada di UPTD SMP NEGERI BARRU .Setalah penulis observasi Selama kagiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di UPTD SMPN 1 BARRU di dapatkan 98% siswa sudah mempunyai handphone dan 2% yang belum memiliki handphone. Handphone sudah sangat melekat pada kehidupan siswa sehari-sehari, akan tetapi handphone tidak sepenuhnya memiliki dampak yang positif seperti mempermudah dalam mencari informasi, mempermudah dalam komunikasi dan membantu dalam mencari tugas. Akan tetapi hanphone juga memiliki dampak negtif terhadap siswa menjadi candu dalam penggunaan hanphone tanpa memperhatikan kewajiban sebagai siswa. Umumnya siswa cenderung menggunakan handphone untuk game online nonton tiktok/bikin tik tok, daripada belajar hal ini mempengaruhi minat belajar siswa termasuk dalam pelajaran matematika.Selama PPL(praktik pengalaman kerja) kurang lebih satu bulan melakukan observasi penulis melihat bahwa minat belajar siswa masih kurang itu terlihat dari semangat atau antusiasme siswa dalam mengikuti pembelajaran terutama dalam belajar matematika.
Kata kunci: Pengaruh Handphone,Minat belajar,Matematika
Full Text:
PDFReferences
Farida, Ai Dkk. 2021. ”Optimasi Gadget Dan Implikasinya Terhadap Pola Asuh Anak”,Jurnal Inovasi Penilitian,Vol 1 no 8, Hal 3.
Kristiwati,Indri. 2019 . ” Dampak Handphone Android Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas XI IPS di SMAN 3 Kota Bima” https://www.researchgate.11 Desember 2021, 23:13.
Prayuga, Yugi,Agung Prasetyo Abadi,2019 ”Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika”,Sesiomadika, Hal 5.
Rohmah, Mun Faizatur. 2018. ”Pengaruh Penggunaan Smartphone Dan Lingkungan Belajar Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V SDIT Salsabila 3 Banguntapan Bantul”. Skripsi. Yogyakarta UIN Sunan Kalijaga.
DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v13i2.2384
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 EduMath Journal Prodi Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :
Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/