ANALISIS KEMAMPUAN SISWA SMK DALAM MENYELESAIKAN MASALAH REVERSIBLE MATERI FUNGSI

Syarifatul Maf'ulah, Ama Noor Fikrati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswa SMK dalam menyelesaikan masalah reversible materi fungsi. Siswa SMK dipilih sebagai subjek penelitian ini dengan pertimbangan; SMK merupakan tingkat pendidikan menengah yang fokusnya pada persiapan siswa untuk memasuki lapangan pekerjaan setelah lulus sekolah. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa SMK kelas XI sebanyak dua orang, yaitu satu siswa laki-laki dan satu siswa perempuan. Instrumen penelitian ini adalah tes. Tes digunakan untuk mendapatkan data tentang kemampuan pemecahan masalah reversible siswa SMK pada materi fungsi. Data dianalisis melalui tahapan ; (1) reduksi data; (2) pemaparan data; (3) kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Kemampuan siswa SMK berjenis kelamin laki-laki dalam memecahkan masalah reversible materi fungsi belum optimal. Untuk masalah pertama, siswa laki-laki belum bisa menggambar grafik dari fungsi yang diberikan. Meskipun proses yang dilakukan siswa laki-laki sudah benar, namun terjadi kesalahan ketika menggambar grafiknya.  Untuk masalah kedua, siswa laki-laki dapat menentukan fungsi dari grafik yang diberikan dengan menggunakan suatu formula. (2) Kemampuan siswa SMK berjenis kelamin perempuan dalam memecahkan masalah reversible materi fungsi sudah baik. Untuk masalah pertama, siswa perempuan dapat menggambar grafik dari fungsi yang diberikan.  Untuk masalah kedua, siswa perempuan dapat menentukan fungsi dari grafik yang diberikan dengan menggunakan suatu formula.

Kata kunci: masalah reversible, menyelesaikan masalah


Full Text:

PDF

References


Depdiknas, (2006), Permendiknas No.22 Tahun 2006 Tentang Standarisasi Sekolah Dasar Dan Menengah. Depdiknas, Jakarta.

Kemendikbud. 2014. Panduan Teknis Pembelajaran dan Penilaian. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Liljedahl P., Santos M., Malaspina U., & Bruder R. (2016). Problem solving in mathematics education. New York: Springer Nature.

Maf’ulah S, Juniati D. and Siswono, T. Y. E. (2017) The aspects of reversible thinking in solving algebraic problems by an elementary student winning national olympiad medals in science World Transactions on Engineering and Technology Education 15 1

Maf’ulah, S., & Juniati, D. (2020). The Effect of Learning with Reversible Problem-Solving Approach on Prospective-Math-Teacher Students’ Reversible Thinking.

Maf’ulah, Syarifatul, & Juniati, D. (2021). Prospective Mathematics- Teacher Students’ Reversible Thinking

in Solving Math Insurance Problem. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education, 12(6),

–3131.

NCTM. (2000). Principles and standards for school mathematics. Reston, VA: NCTM.

Nurfatanah, Rusmono, & Nurjannah. 2018. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar, 546-551.

Polya, George. 1985. How To Solve It 2nd ed. New Jersey : PrincetonUniversity Press

Ramful, A. (2015). Reversible reasoning and the working backwards problem solving strategy. Australian Mathematics Teacher, 71(4), 28–32.

Soedjadi. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.




DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v13i2.2386

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 EduMath Journal Prodi Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/