PENGARUH TINGKAT KECERDASAN EMOSIONAL (EQ) DAN PARTISIPASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA KELAS VII DI SMPN 1 GUDO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat kecerdasan emosional (EQ) dan partisipasi terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII di SMPN 1 Gudo. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMPN 1 Gudo dengan jumlah 256 siswa. Dari jumlah populasi tersebut diambil sampel menjadi 72 siswa perwakilan dari kelas VII A,B,C,D,E,F,G,H untuk mengisi kuisioner kecerdasan emosional (EQ) dan kuisioner partisipasi. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa nilai signifikasi uji regresi sederhana variabel kecerdasan emosional (X1) terhadap prestasi belajar (Y) menunjukkan nilai sebesar 0,642>alfa, maka dapat disimpulkan bahwa kecerdasan emosional (X1) tidak signifikan mempengaruhi prestasi belajar matematika (Y). Nilai signifikasi uji regresi sederhana variabel partisipasi (X2) terhadap prestasi belajar (Y) menunjukkan nilai sig. sebesar 0,052>alfa , maka dapat disimpulkan bahwa partisipasi (X2) tidak signifikan mempengaruhi prestasi belajar matematika (Y). Hasil uji regresi ganda bahwa nilai signifikansi menunjukkan sebesar 0,139>alfa , maka maka dapat disimpulkan bahwa kecerdasan emosional (X1) dan partisipasi (X2) tidak signifikan mempengaruhi prestasi belajar matematika (Y). Dari hasil penelitian diketahui bahwa tidak ada pengaruh tingkat kecerdasan emosional dan partisipasi terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII di SMPN 1 Gudo, pada penelitian ini penulis memiliki keterbatasan karena penelitian dilakukan secara daring, kurang mendalamnya pembuatan pernyataan-peryataan pada kuisioner mengenai kecerdasan emosional dan partisipasi yang sesuai dengan pembelajaran daring, selain faktor yang diteliti masih terdapat variabel bebas lain yang mampu menjelaskan dan kemungkinan memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar. Karena itu dalam penelitian selajutnya disarankan untuk meneliti variabel bebas lain yang kemungkinan memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar.
Kata kunci: Kecerdasan Emosional, Partisipasi, Prestasi BelajarFull Text:
PDFReferences
Goleman, D. (2001). Kecerdasan Emosional; Mengapa EI Lebih Penting Daripada IQ. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Khodijah, D.N, dkk . (2016). Upaya Meningkatkan Partisipasi Dan Hasil Beljar Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share.Jurnal Edufisika Vol 1.
Monica, Lia. (2019). Kontribusi Tingkat Kecerdasan Emosional (EQ) dan Partisipasi Terhadap Hasil Belajar Penjasorkes SMPN 1 Gudo. Jombang, Indonesia: STKIP PGRI Jombang.
Setyawan, A.A.,dan Simbolon, D. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Smk Kansai Pekanbaru. Jppm Vol 11 No 1.
Sukardi. (2011). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT Bumi Aksara.
DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v13i2.2387
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 EduMath Journal Prodi Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :
Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/