PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
Abstract
Rasa ketertarikan siswa bisa diperoleh dengan menggunakan model pembelajaran yang tepat serta penyampaian yang lugas. Salah satunya dengan menggunakan model Pendidikan Matematika Realistik (PMR) merupakan model pembelajaran yang menggunakan permasalahan sehari-hari sebagai titik awal pembelajaran. Dengan adanya suatu stimulus terhadap siswa yang berupa permasalahan kepada dapat menambah ketertarikan siswa dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik (PMR) terhadap hasil belajar matematika siswa di MAN 10 Jombang. Jenis penelitian ini penelitian kuantitatif, dengan metode penelitian eksperimen. Desain penelitian ini adalah Quasi Ekspeimental dengan menggunakan model The Matching-Only Posttest- Only Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah kelas X MAN 10 Jombang dengan sampel kelas X MIA I sebagai kelas eksperimen dan X MIA II sebagai kelas kontrol. Sedangkan instrumen yang digunakan adalah lembar tes. Sebelum digunakan, instrumen ini diuji reliabilitas dan validitasnya. Teknik analisis data menggunakan uji t dua sampel bebas. Setelah melakukan analisis data maka diperoleh nilai rata-rata dari kelas eksperimen sebesar 75,6 dan kelas kontrol sebesar 70,6. Berdasarkan hasil analisis diperoleh Berdasarkan output SPSS 20.0 diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,038. Hal ini berarti bahwa nilai Sig(0,157)>α (0,05), maka H0 diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak adanya pengaruh model pembelajaran PMR terhadapa hasil belajar matematika siswa kelas X MAN 10 Jombang pada materi fungsi komposisi.
Kata kunci: Hasil Belajar Siswa, Pendidikan Matematika Realisitik (PMR)
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Yunus. (2016). Desain Sistem Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama
Lolombulan, Julius H. (2017). Statistika Bagi Peneliti Pendidikan. Yogyakarta: Penerbit ANDI.
Lestari, dan Yudhanegara, M.L. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama
Margono, S. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Rineke Cipta
Hosnan, M. (2016). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.
Huda, Miftahul.(2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Robert, K Sembiring. (2010). Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI): Perkembangan dan Tantangan nya. IndoMS J.M.E,1, (1), 11-16
Soedjadi.(2000). Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia:Konstatasi Keadaan Masa Kini Menuju Harapan Masa Depan. Jakarta: Ditjen Dikti Depdikbud.
Sukma Nugraha, Widdy. (2018). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep IPA Siswa SD dengan Menggunakan Model Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Dasar, Volume 10, No 2, Juli 2018
Suprijono, Agus. (2010) ,Cooperatif Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM,Yogyakarta: Pustaka Pelajar
.
Sugiyono. (2011), Metode Penelitian Administrasi, Bandung: CV Alfabeta.
Widiodo, Sigit. (2019). Pengembangan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Dengan Menggunkan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Melalui Isu-Isu Sosial Ekonomi Pasca Penggenangan Waduk Jatigede dalam Pembelajaran IPS di SMPN 2 Wado Kabupaten Sumedang Kelas VIII C. Jurnal UPI Pascasarjana, Volume 1, Nomor 1, November 2019
DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v13i2.2388
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 EduMath Journal Prodi Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :
Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/