PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMAN 1 KANDANGAN PADA MATERI MATRIKS

Renzy Farradyna Cipta Rani Putri

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan model kooperatif tipe talking stick terhadap hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dengan desain kuasi eksperimen dan dengan bentuk Nonequivalent Control Group Desain. Pengujian hipotesis pada penelitian ini dengan menggunakan uji Independent sample T-test. Metode pengumpulan data menggunakan tes yang berupa soal uraian.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen, yang diberikan perlakuan dengan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick, nilai tertinggi yang diperoleh adalah 90, nilai terendah 66 dan rata-rata nilai adalah 79,5. Sedangkan pada kelas kontrol nilai tertinggi adalah 75, nilai terendah 50 dan nilai rata-rata 57,1. Hasil analisis menggunakan uji-t, dengan α = 0,05 didapatkan nilai Sig. (2-tailed) = 0,000. Berarti untuk H0  ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI SMAN 1 Kandangan.

Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Tipe Talking Stick, Hasil Belajar Matematika


Full Text:

PDF

References


Amri,Sofan.2013. Pengembangan & Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013. Prestasi Pustakarya. Jakarta

Arikunto,Suharsimi.2006.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Arsyad,Azhar.2002.MediaPembelajaran.Jakarta : Rajawali Press.

Rozak & Hidayati. 2014. Pengolahan Data dengan SPSS

Riduwan.2003.Dasar-dasar Statistika. Bandung : Alfabeta.

Sukardi.2003.MetodologiPenelitianPendidikan. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Sugiyono.2016.Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta,cv.




DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v13i2.2389

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 EduMath Journal Prodi Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/

slot88