DESKRIPSI PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING OLEH MAHASISWA CALON GURU DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Jauhara Dian Nurul Iffah, Wiwin Sri Hidayati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model problem based learning (PBL) pada pembelajaran matematika. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya keterampilan pedagogik yang harus dimiliki guru. Salah satu keterampilan pedagogik yang dimaksud adalah cara dan proses mengajar guru. Bagaimana seorang guru memahami model pembelajaran dan menerapkan model pembelajaran tersebut sesuai dengan teori. Sebelum menjadi seorang guru mahasiswa calon guru harus dipersiapkan dengan baik agar nantinya dapat menjadi guru professional. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Subjek penelitian adalah mahasiswa calon guru matematika yang sedang menempuh program peer teaching. Subjek terdiri dari satu mahasiswa laki-laki dan satu mahasiswa perempuan. Instrumen penelitian adalah lembar observasi dan pedoman wawancara sebelum pembelajaran untuk menggali informasi mengenai kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua subjek telah menerapkan seluruh Langkah PBL yaitu (1) mengorientasikan siswa pada masalah, (2) mengorganisasikan siswa untuk belajar, (3) membimbing penyelidikan individu dan kelompok, (4) mengembangkan dan menyajikan hasil karya, (5) menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Subjek menerapkan dengan bantuan media power point dan aplikasi wizzer.me.

Kata kunci: Problem Based Learning, Mahasiswa Calon Guru

References


Effendi, R., Herpratiwi, H., & Sutiarso, S. (2021). Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 920–929. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.846

Mashuri, S., Djidu, H., & Ningrum, R. K. (2019). Problem-based learning dalam pembelajaran matematika: Upaya guru untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 112–125. https://doi.org/10.21831/pg.v14i2.25034

Musabik, I., Iffah, J. D. N., & Alamsyah, A. N. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Media Kotak Aljabar terhadap. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 9(2), 1–12.

Peraturan Mendikbud. (2014). Nomor 104 Tahun 2014 Tentang Penilaian hasil Belajar Oleh Pendidik Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Pedoman Evaluasi Kurikulum, 13, 13,23. http://pgsd.uad.ac.id/wp-content/uploads/lampiran-permendikbud-no-104-tahun-2014.pdf

Putri, R. S., Suryani, M., & Jufri, L. H. (2019). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 331–340. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.471

Sari, S. M. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran Matematika di SMA. Jurnal Serambi Ilmu Journal of Scientific Information and Educational Creativity, 21(2), 1–9.

Shulman, L. S. (1986). Those Who Understand: Knowledge Growth in Teaching. Educational Researcher, 15(2), 4–14. http://links.jstor.org/sici?sici=0013-189X%28198602%2915%3A2%3C4%3ATWUKGI%3E2.0.CO%3B2-X

Undang-Undang. (2005). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005




DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v14i1.2558

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jauhara Dian Nurul Iffah, Wiwin Sri Hidayati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/