KEBERHASILAN METAKOGNITIF PADA PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA

Abd. Rozak, Eny Suryowati

Abstract


Pemecahan masalah masih menjadi prioritas utama dalam pembelajaran matematika, dimana dalam proses pemecahan masalah banyak melibatkan kemampuan yang mengarah pada aktivitas kognitif dan metakognitif. Aktifitas metakognisi sangat menunjang seseorang dalam menyelesaikan masalah, namun demikian aktifitas metakognitif tersebut tidak selalu berhasil, ada kalanya mengalami kegagalan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas kegagalan dan keberhasilan metakognitif dalam proses pemecahan masalah matematika pada siswa SMA dan kaitannya dengan hasil pemecahan masalah matematika. Penelitian ini dikategorikan dalam jenis penelitian kualitatif dengan strategi penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Subjek penelitian adalah siswa MA kelas XI yang secara heterogen berkelompok dalam memecahkan masalah, instrumen peneltian berupa Soal Tes Pemecahan Masalah dan pedoman wawancara. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes dan wawancara. Langkah-langkah analisis data yang dilakukan adalah tahap mengolah dan mempersiapkan data, membaca keseluruhan data, menganalisis data dengan meng-coding data, mendeskripsikan data, menyajikan data secara naratif, dan menginterpretasi atau memaknai          data. Uji keabsahan data dalam penelitian ini mengunakan triangulasi meteode dengan membandingkan antara pekerjaan subjek dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa kegagalan metakognitif terjadi dalam proses pemecahan masalah, namun interaksi dalam diskusi kelompok memberikan respon yang positif sehingga kegagalan tersebut segera teratasi.

Kata Kunci: keberhasilan dan kegagalan metakognitif, pemecahan masalah.


References


Bakar, M. N. (2006). Perlakuan Metakognitif Ketika Penyelesaian Masalah Matematik Secara Individu Dan Koperatif (Doctoral dissertation, Universiti Teknologi Malaysia).

Bungin, B., (2012). Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Edisi kedua.

Creswell, J.W., (2012). Educational Research Design: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitatve Research, Boston: Pearson.

Hastuti, I. D., & Sutarto, S. (2017). Karakteristik Pergeseran Aktivitas Metakognitif Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 3(1), 449-459.

Maulyda, M. A.(2019) Matematika Berbasis NCTM: CV IRDH: Malang.

Molenaar, I., Sleegers, P., & van Boxtel, C. 2014. Metacognitive scaffolding during collaborative learning: A promising ombination. Metacognition and learning, 9(3), 309-332.

Nugraha, A. T. (2018). PROSES KOGNITIF-METAKOGNITIF DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP DITINJAU DARI KERANGKA KERJA ARTZT DAN ARMOUR-THOMAS (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Rozak, A. (2018a). Proses kegagalan metakognitif pada pemecahan masalah matematika (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).

Rozak, A. (2018b). Kegagalan Metakognitif Dalam Memahami Dan Menganalisis Masalah Matematika. Journal Proceeding, 4(1).

Rozak, A., Nusantara, T., & Sulandra, I. M. (2018c). Identification Metacognitive Failure on Mathematics Problem Solving. In University of Muhammadiyah Malang's 1st International Conference of Mathematics Education (INCOMED 2017) (pp. 108-113). Atlantis Press.

Setyaningrum, D. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Dengan Teori Schoenfeld Pada Kelas Viiia Materi Bangun Datar Prisma SMP N 1 Wedung Semester Genap Tahun Ajaran 2015/2016. In SENATIK 2016.

Stillman, G. (2011). Applying Metacognitive Knowledge And Strategies In Applications and Modelling Tasks at Secondary Level. In Kaiser, G., Blum, W., Borromeo Ferri, R., & Stillman, G. (Eds.), Trends in teaching and learning of mathematical modelling: ICTMA14 (pp. 37-46). New York: Springer. Dari http://en.bookfi.net/book/1422558,

Umar, W. (2016). Strategi pemecahan masalah matematis versi George Polya dan penerapannya dalam pembelajaran matematika. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 59-70.

Wulan, E. R., Subanji, S., & Muksar, M. (2021). Metacognitive failure in constructing proof and how to scaffold it. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 295-314.




DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v14i1.2559

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Abd. Rozak, Eny Suryowati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/