PENERAPAN PEMBELAJARAN THINK PAIRS SHARE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI-MM3 SMKN I JOMBANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI-MM-3 SMKN I Jombang Tahun Pelajaran 2018/2019 pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sampel penelitian terdiri dari 21 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan pengamatan aktivitas siswa dan tes hasil belajar siswa. Sedangkan instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar observasi aktivitas siswa dan lembar tes hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pairs Share (TPS) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa. Hal ini terbukti dari hasil analisis didapatkan bahwa rata-rata aktivitas pada siklus I sebesar 59,04 meningkat pada siklus II dengan rata-rata aktivitas siswa menjadi 73,5. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 65 dengan ketuntasan klasikal 62,9% dan siklus II sebesar 75 dengan ketuntasan klasikal 77,1%
Kata kunci: Pembelajaran Kooperatif, Tipe Think Pairs Share, Aktivitas Siswa, Hasil Belajar Siswa
Full Text:
PDFReferences
Aqib, Zainal. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : Yrama Widya
Arikunto, Suharsini. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta : PT. Rineka Cipta
Ekawarna. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Gaung Persada
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : AR-RUZZ MEDIA
Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
Sutirjo. 2008. Tematik: Pembelajaran Efektif dalam Kurikulum 2004. Malang: Bayumedia Publishing.
Suyono dan Hariyanto. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Surabaya : Rosdakarya
Trianto. 2007. Model-model pembelajaran inovatif berorientasi konstruktivistik. Jakarta : PT. Prestasi Pustakarya
DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v14i1.2574
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Zaenuri .

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :
Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/