IMPLEMENTASI STADPLUS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI LINGKARAN

Samsul Hidayat

Abstract


Ketuntasan hasil belajar Matematika materi lingkaran siswa kelas VI SDN Sumbernongko hanya sebesar 33,33%. Pentingnya permasalahan tersebut segera ditemukan solusinya dan untuk diteliti karena materi keliling dan luas lingkaran merupakan prasyarat utama untuk menghitung luas permukaan dan volume bangun ruang sisi lengkung pada semester II. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Model penelitian tindakan kelas yang digunakan adalah model Kemmis dan Taggart yang meliputi tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitiannya adalah 30 siswa SDN Sumbernongko. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui tes. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan STADPLUS dapat meningkatkan hasil belajar materi lingkaran siswa kelas VI SDN Sumbernongko. Peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dari pra siklus ke siklus I meningkat menjadi 83,38 siklus I ke siklus II meningkat menjadi 83,57, sedangkan peningkatan ketuntasan belajar siswa dari dari pra siklus ke siklus I meningkat menjadi 71,99%, siklus I ke siklus II meningkat menjadi 76,79%. Mengacu pada hasil penelitian tersebut, maka implementasi STADPLUS dalam pembelajaran Matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa sehingga ketuntasan hasil belajar matematika secara klasikal meningkat

Full Text:

PDF

References


Ali. 2021. Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) dalam Pengajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Mubtadiin, Vol. 7 No. 01 Januari-Juni 2021

Hamzah dan Muhlisrarini. 2016. Perencanaan dan Strategi Pembelajaraan Matematika. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Hasdaniarsyah 2020. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Pecahan Siswa Kelas V SDN 01 Wakorumba Selatan. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

Heruman. 2014. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: Rosda

Huda, Miftahul. 2018. Model-Model Pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Lastia.2020. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk

Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa. Mimbar Pendidikan Indonesia (MPI), Vol. 1 No. 3, Desember 2020

Lestari, dkk 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD

untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Keliling dan Luas Daerah Lingkaran di Kelas VIII SMP Negeri 18 Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, Volume 04 Nomor 03, Maret 2017

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ayat 1 pasal 5 nomor 57 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah

Samidi., dan Istarani. 2016. Kompetensi & Profesionalisme Guru Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Matematika. Medan: Larispa.

Septian. 2013. Penerapan Model Pembelajaran STAD pada Mata Pelajaran KDTM untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI TPM 4 SMK Negeri 7 Surabaya. JPTM, Volume 02 Nomor 02 Tahun 2013, 97-103

Trianto. 2017. Mendesain Model-Model Pembelajaran Inovatif Progresif dan Kontekstual. Jakarta: Prenada Media.




DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v14i2.2758

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Samsul Hidayat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/