PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TGT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK ) dengan subjek penelitian siswa kelas VIII-E SMPN 3 Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika pada siswa, dengan mengoptimalkan Mojoagung sebanyak 30 siswa. Instrumen penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas siswa, dan tes. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah : (1) aktivitas siswa dalam kategori minimal baik; dan (2) ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal mencapai ≥ 85%. Siswa dikatakan tuntas secara individu bila memperoleh skor hasil belajar ≥75. Hasil observasi pada siklus 1 menunjukkan persentase aktivitas siswa mencapai 66% (cukup baik) dan secara klasikal sebesar 67% siswa tuntas hasil belajarnya. Sedangkan pada siklus 2, aktivitas siswa sebesar 87% (sangat baik) dan secara klasikal sebesar 90 % siswa tuntas hasil belajarnya. Artinya telah terjadi peningkatan hasil belajar matematika siswa pada siklus ke-2, sehingga penerarapan model pembelajaran Kooperatif TGT dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMP
Kata kunci: Kooperatif TGT, hasil belajar
Full Text:
PDFReferences
Adhar, E. L. (2012). Pembelajaran Matematika dengan Metode Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(2), 1–10. http ://jurnal.upi.edu/file/Leo_Adhar .pdf
Anam, Khoirul. (2016). Pembelajaran Berbasis Inkuiri: Metode dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Ariyana, Yoki, dkk. (2019). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Maf’ulah, S., & Juniati, D. (2019). Students’
Strategies to Solve Reversible Problems of Function: The Part of Reversible Thinking. Journal of Physics: Conference Series, 1417(1). https: //doi.org/ 10.1088 /1742-6596/1417/1/012051
Maf’ulah, S., & Juniati, D. (2020). Exploring reversible thinking of preservice mathematics teacher students through problem-solving task in algebra. Journal of Physics: ConferenceSeries, 1663 (1). https://doi.org/10.1088/17426596/1663/1/012003
Nuroidah,E,, & Maf’ulah, S. (2021). Penerapan model Discovery Learning kombinasi vidio untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa SMP. Jurnal Ilmiah. Tranformas.
Nur, Muhammad. 1996. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya. Universitas Negeri Surabaya.
Wahyuni, Dwi. 2001. Studi Tentang Pembelajaran Kooperatif Terhadap Hasil Belajar Matematika. Malang: Program Sarjana Universitas Negeri Malang
DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v14i2.2759
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Nur Ainiyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :
Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/