ANALISIS KEMAMPUAN SISWA SEKOLAH DASAR DALAM MEMECAHKAN MASALAH OPEN ENDED MATERI PECAHAN

Salsabila Rahmadania Susamto, Syarifatul Maf’ulah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan siswa Sekolah Dasar berkemampuan matematika tinggi dalam memecahkan masalah open ended materi pecahan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data melalui metode tes dan metode wawancara dengan instrumen peneliti sendiri sebagai instrumen utama, intstrumen tes dan pedoman wawancara sebagai instrumen pendukung. Hasil penelitian ini subjek memecahkan masalah open ended sesuai dengan langkah-langkah pemecahan masalah open ended sesuai dengan langkah-langkah pemecahan masalah menurut Krulik dan Rudnick

Kata kunci: Kemampuan, Matematika, Open Ended


Full Text:

PDF

References


Darojat, L. dan Kartono. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Berdasarkan AQ Dengan Learning Cycle 7e. Unnes Journal of Mathematics Education Research Volume 5 Nomor 1 , 1-8.

Isrok'atun dan Rosmala, A. (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: Bumi Aksara.

Kholifah. (2016). Pengaruh Strategi Pembelajaran Heuristik Krulik- Rudnick Terhadap Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa. Jakarta: Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri (Uin) Syarif Hidayatullah Jakarta.

Krulik, S. dan Rudnick, Jess A. (1996). The New Sourcebook for Teaching Reasoning and Problem Solving in Junior and Senior High School. Boston: Allyn and Bacon.

Lidinillah, D. A. (2012). Heuristik Dalam Pemecahan Masalah Matematika Dan Pembelajarannya Di Sekolah Dasar. 1-11.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: ALFABETA.

Wahyudi dan Anugeraheni, I. (2017). Strategi Pemecahan Masalah Matematika. Salatiga: Satya Wacana University Press.

Wardhani, S., Purnomo, Sapon S dan Wahyuningsih, Endah. (2010). Pembelajaran Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Di SD. Yogyakarta




DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v14i2.2760

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Salsabila Rahmadania Susamto, Syarifatul Maf’ulah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/