ANALISIS PEMECAHAN MASALAH SISWA INTROVERT DENGAN MENGGUNAKAN IDEAL
Abstract
Pada proses pemecahan masalah ini siswa diharapkan mampu berpikir kritis dan bernalar. Dengan demikian kemampuan pemecahan masalah menjadi salah satu fokus pembelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis Pemecahan masalah siswa introvert dengan menggunakan ideal. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini merupakan siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Perak sebanyak 1 siswa mempunyai tipe kepribadian introvert. Instrumen penelitian ini terdiri dari tes MBTI, lembar tes kemampuan pemecahan masalah, dan pedoman wawancara. Dalam pengumpulan data, peneliti melakukan pengecekan keabsahan data dengan triangulasi waktu. Selanjutnya dilakukan analisis terhadap data yang diperoleh. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa indikator pemecahan masalah yang dikaitkan dengan tipe kepribadian pada siswa introvert memenhi 5 indikator dan memeriksa kembali solusi yang didapatkan
Kata kunci: Analisis, Pemecahan Masalah (IDEAL), Introvert
Full Text:
PDFReferences
Amir, Z., & Risnawati. (2015). Psikologi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta, Indonesia: Aswaja pressindo.
Aryanto, E. W., Suharto, S., Setiawan, T. B., Hobri, H., & Oktavianingtyas, E. (2018). Profil Kemampuan Siswa dalam Memecahkan Masalah MAtematika Ditinjau dari Tipe Kepribadian Menurut David Keirsey. KadikmA, (Online), 9(2), 185-193. (https://jurnal.unej.ac.id/index.php/kadikma/article/view/10493/6571), diunduh 27 November 2021.
Jazuli, A., & Lathifah, M. (2018). Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Soal Cerita Berdasarkan Tipe Kepribadian Ekstrovert-Introvert Siswa SMP Negeri 6 Rembang. AlphaMath: Journal of Mathematics Education, 4(1), 23-32. (http://www.jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/alphamath/article/view/7352), diunduh 10 Juli 2022
Juliansa, M. F., Kartinah, K., & Purwosetiyono, F. D. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas X dalam Mengerjakan Soal Cerita pada Siswa Tipe Kepribadian Ekstrovert dan Introvert. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(5), 133-137. (http://103.98.176.9/index.php/imajiner/article/view/4459), diunduh 10 Juli 2022
NCTM. (2000). Executive Summary Principle and Standards for School Mathematics. (Online). (https://www.nctm.org/uploadedFiles/Standards_and_Positions/PSSM_ExecutiveSummary.pdf), diunduh 1 Oktober 2021.
Suryabrata, S. (2013). Psikologi Kepribadian. Jakarta, Indonesia: PT Rajagrafindo Persada.
Yanti, A. P., & Syazali, M. (2016). Analisis proses berpikir siswa dalam memecahkan masalah matematika berdasarkan langkah-langkah Bransford dan Stein ditinjau dari Adversity Quotient. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, (Online), 7(1), 63-74. (http://www.ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-jabar/article/view/132), diunduh 27 September 2021
DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v14i2.2762
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Aulia Mahfudhoh, Nurul Aini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :
Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/