PENERAPAN QUESTION STUDENT HAVE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEOREMA PYTHAGORAS SISWA KELAS VIII F SMPN I GONDANG MOJOKERTO TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Sumartiyah .

Abstract


Masih banyaknya siswa yang sulit memahami penerapan teorema pythagoras dalam kehidupan menyebabkan hasil belajar yang kurang maksimal. Sebanyak 31 siswa hanya 17 siswa atau sekitar 54,8% yang memenuhi KKM. Berdasarkan kondisi tersebut, peneliti menerapkan satu model pembelajaran yang dianggap tepat untuk mengatasi hasil belajar matematika,yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Question Student Have. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar matematika pada materi teorema Pythagoras. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif dengan teman sejawat. Penelitian Tindakan Kelas ini terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII F SMPN 1 Gondag dengan jumlah siswa sebanyak 31 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Sedangkan instrument berupa lembar observasi digunakan untuk mengamati aktivitas belajar siswa dan lembar tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas belajar siswa pada aspek memperhatikan dan mendengarkan materi yang disampaikan guru sebesar 54,84% pada siklus I meningkat menjadi 80,65% pada siklus II, mengajukan pertanyaan pada siklus I sebesar 51,61% meningkat menjadi 78,22% pada siklus II, dapat memecahkan pertanyaan dengan kelompoknya pada siklus I sebesar 45,16% meningkat menjadi 83,06% pada siklus II, berbagi informasi dan jawaban dengan kelompoknya maupun di depan kelas pada siklus I sebesar 42,74% meningkat menjadi 81,45% pada siklus II, membuat rangkuman tentang materi yang telah dipelajari pada siklus I sebesar 48,34% meningkat menjadi 84,683% pada siklus II. Hasil belajar siswa siklus I menunjukkan rata-rata sebesar 71,5 dengan ketuntasan klasikal sebesar 54,8%, sedangkan pada siklus II, menunjukkan bahwa rata-rata sebesar 78,1 dengan ketuntasan klasikal sebesar 77,4%.

Kata kunci: Teorema Pythagoras, Question Student Have, aktivitas belajar, hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:Rineka Cipta

Ekawarna. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Gaung Persada (GP Press).

Hamalik, O. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hamalik, O. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hamdani. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Kunandar. 2011. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Rusman. 2013. Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada. Sagala, S. 2005. Konsep dan Makna Pembelajaran untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar . Bandung: Alfa Beta.

Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Suprijono, A. 2012. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: PUSTAKA PELAJAR.

UUD RI No 20 Tahun 2003. Diakses http://kelembagaan.ristekdikti.go.id/. Pada 05 April 2017.




DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v14i2.2763

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Sumartiyah .

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/