stars77 slot online stars77 indro77 indro77 indro77 helenaslot helenaslot helenaslot
ANALISIS KESALAHAN SISWA SD DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMBAGIAN BERSUSUN POROGAPIT BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA | Sari | Edumath

ANALISIS KESALAHAN SISWA SD DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMBAGIAN BERSUSUN POROGAPIT BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA

Elinda Putri Sari, Ama Noor Fikrati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal materi pembagian bersusun porogapit berdasarkan kemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah pada siswa kelas IV MI Sunan Kalijaga Mojotrisno Jombang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini   adalah siswa MI Sunan Kalijaga Mojotrisno kelas IV tahun ajaran 2021/2022 yang mempunyai kemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sebagai instrumen utama, serta lembar tes dan pedoman wawancara sebagai instrumen pendukung. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan metode tes dan wawancara. Pengecekan keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi waktu. Adapun teknik analisis data yang digunakan antara lain yaitu reduksi data, pemaparan data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pembagian bersusun porogapit yaitu siswa berkemampuan matematika tinggi mengalami jenis kesalahan dalam menggunakan notasi. Sedangkan siswa berkemampuan matematika sedang mengalami jenis kesalahan dalam keterampilan proses dan kesalahan dalam menggunakan notasi. Adapun siswa berkemampuan matematika rendah mengalami jenis kesalahan dalam transformasi, kesalahan dalam keterampilan proses dan kesalahan dalam menggunakan notasi

Kata kunci: kesalahan, pembagian bersusun porogapit, kemampuan matematika


Full Text:

PDF

References


Apriliawan, Agita, dkk. 2013. Analisis kesalahan penyelesaian soal uraian matematika siswa MTs pada pokok bahasan unsur-unsur lingkaran. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2). DOI: http://doi.org/10.25273/jipm.v1i2.480

Depdiknas. 2006. Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standarisasi Sekolah Dasar dan Menengah. Depdiknas. Jakarta

Moleong, M.A. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset

Setiyasih, Dwi Yana. 2011. Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Bilangan Pecahan Pada Siswa Sekolah Dasar Kelas V Se-Kecamatan Loana Tahun Ajaran 2011/2012. Diakses pada tanggal 30 Januari 2023.

http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/download/414/436

Setiana,T. 2017. Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Permasalahan Matematika Berdasarkan Tahapan Newman pada Siswa SMAN 1 Geger Madiun. Skripsi. Universitas Negeri Malang.

Usdiyana, Dian, dkk. 2009. Meningkatkan kemampuan Berpikir Logis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Pengajaran MIPA, 13(1), 1-14. Diakses tanggal 30 Januari 2023. https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=xI2tJs8AAAAJ&citation_for_view=xI2tJs8AAAAJ:u-x6o8ySG0sC




DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v15i1.2901

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Elinda Putri Sari, Ama Noor Fikrati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/

ngentot ngentot kontol kontol ngentot kontol ngentot kontol