stars77 slot online stars77 indro77 indro77 indro77 helenaslot helenaslot helenaslot
PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA YANG MENGIKUTI DAN TIDAK MENGIKUTI BIMBINGAN BELAJAR DI MIN 4 JOMBANG | Izazayyah | Edumath

PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA YANG MENGIKUTI DAN TIDAK MENGIKUTI BIMBINGAN BELAJAR DI MIN 4 JOMBANG

Sarah Izazayyah, Henky Muktiadji

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada perbedaan signifikan antara hasil belajar siswa yang mengikuti dan tidak mengikuti bimbingan belajar di MIN 4 Jombang. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan menggunakan rancangan penelitian perbandingan kelompok statik (the static group comparison design). Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas 5  MIN 4 Jombang, dengan sampel dalam penelitian ini diambil secara acak (random sampling). Sampel penelitian ini terdiri dari 30 siswa yang mengikuti bimbingan belajar dan 30 siswa yang tidak mengikuti bimbingan belajar. Setelah dilakukan penelitian di MIN 4 Jombang, peneliti dapat menyimpulkan ada perbedaan signifikan antara hasil belajar siswa yang mengikuti dan tidak mengikuti bimbingan belajar di MIN 4 Jombang. Hal ini ditunjukkan oleh nilai sig= 0,032, sedangkan 𝛼= 0,05 pada taraf signifikansi 5%. Sehingga sig< α, maka H0 ditolak dan H1 diterima yang menyatakan ada perbedaan signifikan antara hasil belajar siswa yang mengikuti dan tidak mengikuti bimbingan belajar di MIN 4 Jombang

Kata kunci: Perbedaan, Hasil Belajar, Bimbingan Belajar


Full Text:

PDF

References


‘Aini, F. (2015). Pengaruh Bimbingan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Segiempat Di Kelas VII SMP Negeri 1 Talun. (http://repo.uinsatu.ac.id/2225/), Diunduh 15 Maret 2021.

Kartikasari dkk. (2019). Hubungan Bimbingan Belajar Di Luar Sekolah Dengan Hasil Belajar Matematika Kelas V SD, (http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/pgsd/article/view/18572/13292), Jurnal Pendidikan Dasar, 7(6): 2. Diunduh 9 Maret 2022.

Makmun, A.S. (2007). Psikologi Kependidikan Perangkat Sistem Pengajaran Modul. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rozak, A., & Hidayati, W.S. (2019). Pengolahan Data Dengan Spss. Yogyakarta: Erhaka Utama

Siswono, T.Y.E. (2019). Paradigma Penelitian Pendidikan Pengembangan Teori Dan Aplikasi Pendidikan Matematika. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D. Bandung: Alfabeta

Sularso dkk. (2017). Pengaruh Bimbingan Belajar Di Luar Sekolah Terhadap Minat Untuk Berprestasi Siswa Kelas VIII MTsN Sidorejo Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2014/2015, (http://e- journal.unipma.ac.id/index.php/citizenship/article/view/1253), Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 3(2): 249-250. Diunduh 9 Maret 2022.

Syah, M. (2010). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Yusuf, S., & Nurihsan, J. (2011). Landasan Bimbingan & Konseling. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Zuhron, M.B. (2019). Pengaruh Bimbingan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Menghitung Luas Permukaan Dan Volume Kubus, Balok, Prisma, Dan Limas Di Kelas VIII MTs Negeri Ngantru. (http://repo.iain-tulungagung.ac.id/14003/), Diunduh 9 Oktober 2021




DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v15i1.2905

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Sarah Izazayyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/

ngentot ngentot kontol kontol ngentot kontol ngentot kontol