STUDI EVALUASI PENGEMBANGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK BERBASIS IT MAHASISWA CALON GURU PADA KEGIATAN PEMBELAJARAN MIKRO
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan pembelajaran mikro bagi mahasiswa calon guru khususnya mahasiswa program studi pendidikan matematika dalam mengembangkan keterampilan mengajar atau kompetensi pedagogik yang harus dimiliki sebagai calon guru di masa mendatang. Adapun target khusus yang diharapkan mahasiswa calon guru dapat memiliki keterampilan mengajar dengan kompetensi pedagogik yang baik dan benar berbasis IT. Metode penelitian yang digunakan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, kuesioner dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis secara kualitatif untuk data kualitatif, data kuantitaif di analisis dengan statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian secara parsial, peran dosen pembimbing berpengaruh positif terhadap keberhasilan pembelajaran mikro sebesar 1,32%. Peran rekan sejawat mempunyai pengaruh negatif terhadap keberhsilan pembelajaran mikro sebesar 0,71%. Hal ini berarti bahwa semakin tinggi peran dosen pembimbing dalam pelaksanaan pembelajaran mikro mendukung tinggi rendahnya keberhasilan pembelajaran mikro. Hal ini juga berlaku bagi variabel lainnya
Kata kunci: kompetensi, pedagogik, pembelajaran mikro
Full Text:
PDFReferences
Mantra, I. B. N., Widiastuti, I. A. M. S., & Pramawati, A. A. I. Y. (2020). Peningkatan Kompetensi Mengajar Secara Online Bagi Para Guru Selama Pan demi Virus Corona. Jurnal Abdi Dharma Masyarakat (JADMA), 1(1), 12-20.
Purnama, N. G., Risnawati, R., & Lismayanti, D. (2021). The Teacher’s Pedagogic Competence in Teaching English at Secondary School Level. Jadila: Journal of Development and Innovation in Language and Literature Education, 1(3), 362-376.
Munawaroh, Sulistyowati, H., Nurwiani, Setyani, N. S., Sudarwati, N., Wahyuniarti, F. R., Khozin, M., Masruroh, F., Lestari, E. Ra., & Nurmilah, R. (2021). Pedoman Pembelajaran Mikro dan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) Program Sarjana Pendidikan STKIP PGRI Jombang. Pusbangdik-STKIP PGRI Jombang: Vol. (Issue).
Frasetyana, A. D., Sujadi, I., & Kusmayadi, T. A. (2015). Analisis keterampilan dasar mengajar mahasiswa pendidikan matematika dalam pembelajaran mikro (studi kasus pada mahasiswa pendidikan matematika FKIP UNS Tahun Akademik 2012/2013). Jurnal Pembelajaran Matematika, 3(4).
Ifrianti, S. (2018). Membangun Kompetensi Pedagogik dan Keterampilan Dasar Mengajar Bagi Mahasiswa Melalui Lesson Study. Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 5(1), 1-18.
No, J. R. C., & Serang-Banten, K. IMPLEMENTASI MODEL PEMBE-LAJARAN GUIDED DISCOVERY BERBASIS MULTIMEDIA INTE-RAKTIF UNTUK PEMAHAMAN MATA KULIAH PEMBINAAN KOMPE-TENSI MENGAJAR Oleh Irwanto
Saragih, A. H. (2008). Kompetensi minimal seorang guru dalam mengajar. Jurnal Tabularasa, 5(1), 23-34
Hidayat. 2018. Sistem Digital. Penerbit: Informatika. Bandung
Huda, M. 2019. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran : Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis. Pustaka Pelajar. Yogyakarta
Mukhsin, M. 2020. Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi Menerapkan sistem Informasi Desa dalam Publikasi Informasi Desa di Era Globalisasi. Jurnal TEKNOKOM volume 3(1), 7-15. https://doi.org/10.31943/teknokom.v3i1.43
Nuryana, Z. 2018. Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pendidikan Agama Islam. TAMADDUN: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan volume 19(1), 75-86. http://dx.doi.org/10.30587/tamaddun.v0i0.818
Paramitha, A dan Kurnianingsih. 2016. Sistem Informasi Pembelajaran Online Pada SMK Medikacom. Jurnal teknologi informasi (JATI) volume 6(2), 1-10. https://doi.org/10.34010/jati.v6i2.477
Bogdan, R.C & Biklen, S.K.1998. Qualitative Research for Education. Boston: Allyn and Bacon.
Dirgantoro, K. P. S. (2019). Pengaruh kemampuan akademik dan pedagogik terhadap keterampilan dasar mengajar calon guru matematika dalam pengajaran mikro. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2).
Sonhaji, A.K.H. 1996. Analisis Data dalam Penelitian Kualitatif dalam Bidang Ilmu-ilmu Sosial dan Keagamaan. Malang: Kalimasadha Press
Miles, B.M & Huberman, A.M. Saldafia, J. 2014. Qualitative Data Analysis A Methods Sourcebook. Edition 3. California: Sage Publication
J.W. Creswell, J.D. Creswell. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Fifth Edition. SAGE Publications, Inc
DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v15i1.2908
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Rifa Nurmilah, Ririn Febriyanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :
Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/