PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Nuniek Emmy Wulandari

Abstract


Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang sering  dianggap sulit oleh siswa. Hasil observasi diperoleh nilai ulangan harian kelas XI Akuntansi 3 SMK Negeri  Mojoagung yang berjumlah 29 siswa dengan persentase ketuntasan 62,1 %. Rendahnya hasil belajar dikarenakan penerapan model pembelajaran yang kurang sesuai dan siswa pasif dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis peningkatan hasil belajar kelas XI Akuntansi 3 melalui penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika, maka dilakukan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa SMK Negeri Mojoagung kelas XI Akuntansi 3 tahun ajaran 2022/2023 yang terdiri dari 29 siswa. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah soal evaluasi untuk ranah kognitif yang dilaksanakan setiap akhir siklus dan lembar observasi untuk ranah psikomotorik dan ranah afektif. Hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar kognitif siswa pada siklus I sebesar 69,66 dengan ketuntasan klasikal 72,41 %. Rata-rata hasil belajar kognitif siswa pada siklus II sebesar 79,08 dengan ketuntasan klasikal 89,66 %. Adapun rata-rata hasil belajar psikomotorik siswa pada siklus I sebesar 58,34 dengan ketuntasan klasikal 68,97 %. Rata-rata hasil belajar psikomotorik siswa pada siklus II sebesar 75,58 dengan ketuntasan klasikal 93,10 %.  Sedangkan rata-rata hasil belajar afektif siswa pada siklus I sebesar 65 dengan ketuntasan klasikal 86,21 %. Rata-rata hasil belajar afektif siswa pada siklus II sebesar 83,10 dengan ketuntasan klasikal 100 %. Sedangkan Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining  dapat meningkatkan hasil belajar. Saran yang berkaitan dengan penelitian ini yaitu guru hendaknya memberi motivasi atau penghargaan berupa nilai terhadap tugas siswa, sehingga siswa termotivasi untuk belajar karena merasa dihargai. Model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dapat dijadikan alternatif untuk memvariasikan model pembelajaran.

Kata kunci :   Student Facilitator and Explaining, Model pembelajaran, Hasil Belajar Matematika.

Full Text:

PDF

References


Akbar, Sa’dun. 2010. Penelitian Tindakan Kelas: Filosofi, Metodologi, Implementasi Edisi Revisi. Yogyakarta: Cipta Media.

Anni, Catharina Tri,dkk. 2006. Psikolog iBelajar. Semarang: UPT MKK UNNES.

Arief S. Sadiman, dkk. 2009. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan,

dan Pemanfaatannya.Jakarta: Raja Grafindo Persada

Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Daryanto. 2008. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.

Elisa Oktariani. 2016. Penerapan Student Facilitator and Explaining untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa mata pelajaran geografi kelas X.E di SMA Negeri 1 Lawang Kidul Provinsi Sumatera Selatan Tahun Pelajaran 2015/2016. Bandar Lampung. Universitas Lampung

Hadis, Abdul. 2006. Psikologi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Meningdias, Catur Yoga. 2015. http://www.caturyogam.info/2015/08/macam-macam-model-pembelajaran.html (diakses pada Senin, 1-10-2018,19.46)

Kusnandar. 2008. Langkah mudah penelitian tindakan kelas. Jakarta: Grafindo Persada.

Kunandar. 2011. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas. PT. Raja Grafindo. Jakarta

Musliati. 2016. Penerapan Model Student Facilitator And Explaining untuk meningkatkan hasil belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA di kelas V MIN Merduati Banda Aceh. Banda Aceh. UIN AR-RANIRY Darussalam.

Oemar Hamalik. 2011. Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Purwanto, M. Ngalim. 2004. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar, Cet.III; Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, Wina. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sudjana, Nana. 2002. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. 2010. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alafabeta.

Suprijono. 2009. Cooperative Learning (Teori & Aplikasi PAIKEM). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Susanti, Tya dkk. 2015. Penerapan Model Student Facilitator And Explaining. Lampung. Universitas Lampung.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstuktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.




DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v15i2.2993

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nuniek Emmy Wulandari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/