ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS TULIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA BERDASARKAN GAYA KOGNITIF

Shelvi Anggrarita Puspa Wardaya

Abstract


Kemampuan komunikasi matematis secara tulis adalah kemampuan siswa menyampaikan sebuah ide matematis secara tulis pada indikator ekspresi matematika (matematical expression), menggambar (drawing), dan menulis (written text). Cara berpikir siswa dalam memproses informasi dan memahami masalah lebih dikenal dengan gaya kognitif. Terdapat dua tipe gaya kognitif yakni Field Dependent (FD) dan Field Independent (FI). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 2 siswa kelas VIII SMPN Bandarkedungmulyo yakni satu siswa yang memiliki skor tertinggi gaya kognitif FD dan satu siswa yang memiliki skor tertinggi gaya kognitif FI. Instrumen penelitian ini menggunakan instrumen utama yaitu peneliti sendiri dan tes kemampuan komunikasi matematis tulis (KKMT) serta pedoman wawancara. Pengecekan keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi waktu. Peneliti menggunakan bantuan software NVivo 12 Plus dalam menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan gaya kognitif FD dapat menyelesaiakn soal sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV). Siswa dengan kategori FD mampu dalam indikator kemampuan komunikasi matematis siswa secara tulis yaitu Ekspresi Matematika. Siswa dengan kategori FD tidak mampu dalam indikator menggambar dan menulis. Siswa FD juga tidak mampu pada sub- kategori menyelesaikan soal secara runtut. Selanjutnya Siswa dengan kategori FI mampu dalam indikator menggambar dan menulis. Siswa dengan kategori FI tidak mampu dalam indikator Ekspresi Matematika.

 Kata kunci :   Komunikasi Matematis Tulis Siswa, Gaya Kognitif, Software NVivo 12 Plus


Full Text:

PDF

References


Afifah, N., & Aripin, U. (2018). Proses Berpikir Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Mtematik Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent. JPMI - Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(4), 505-512.

Askin & Junaedi. (2013). Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa SMP dalam Setting Pembelajaran RME (Realistic Mathematics Education). Unnes Journal of Mathematics Education Research, 2(1), 203-2013.

Bandur, A. (2019). Penelitian Kualitatif Studi Multi-Disiplin Keilmuan dengan NVivo 12 Plus. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Bansu I, & Anasari. (2018). Komunikasi Matematik, Strategi Berfikir dan Manajemen Belajar : konsep dan aplikasi. Aceh: PeNA.

Fatmawati, D. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau dari Gaya Kognitif. Simki-Techsain, 2(7), 1- 11.

Haryono, D. (2015). Filsafat Matematika. Bandung: Alfabeta.

Kadir. (2008). Kemampuan Komunikasi Matematik Dan Keterampilan Sosial Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. UNY, 339-350.

Maulyda, M. A. (2020). Pradigma Pembelajaran Matematika Berbasis NCTM.

Purwokerto: CV IRDH. Moleong, L. J. (2011). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: ROSDA.

NCTM, N. C. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. RESTON: VA: NCTM.

Putriana, Y. (2017). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Berdasarkan Gaya Kognitif Siswa. Purworejo: Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Sidik, A., & Mulya, B. W. (2011). Pendekatan Analisis Data Menggunakan NVivo- software untuk Penelitian Desain Logo Museum Nasional Jakarta. Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana, 13(1), 1-4.

Siregar, N. (2016). Pemahaman dan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Cendekia, IV(1), 17-36.

Susanto, H. A. (2015). Pemahaman Pemecahan Masalah Berdasarkan Gaya Kognitif.Yogyakarta: deepublish.

Yuliandari, E. (2020). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasrkan Gaya Kognitif. Jawa Timur, Jombang: Tidak diterbitkan.




DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v15i2.2995

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Shelvi Anggrarita Puspa Wardaya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/