PENGARUH PERAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Arneta Sekar Arum Chusnia, Abd. Rozak

Abstract


Belajar adalah serangkaian tindakan individu yang bertujuan untuk mengubah perilaku yang dipengaruhi oleh pengalaman dan interaksi dengan lingkungan. Faktor eksternal yang mempengaruhi prestasi belajar adalah peran orang tua dan motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah peran orang tua dan motivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar Matematika siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif korelasional dengan pendekatan ex post facto. Populasi penelitian terdiri dari 282 siswa SMP Budi Utomo Perak, sebanyak 40 sampel siswa diambil dengan teknik simple random sampling. Data dikumpulkan menggunakan lembar angket dan pedoman dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) ada pengaruh peran orang tua terhadap prestasi belajar Matematika siswa (2) ada pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar Matematika siswa SMP Budi Utomo Perak, dan (3) ada pengaruh peran orang tua dan motivasi belajar secara simultan terhadap prestasi belajar Matematika siswa SMP Budi Utomo Perak.

Kata kunci: Peran Orang Tua,Motivasi Belajar, Prestasi Belajar


Full Text:

PDF

References


Baubau, K. (2018) Pengaruh Motivasi Belajar Dan Peran Serta Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Smp Negeri I Baubau Kecamatan Wolio.

Dalyono, M. (2009). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Jakarta: Rineka Cipta.

Friantini, R. N. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 1 Kuala Behe. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 7(2), 85-92.

Nashar. (2004). Peranan Motivasi dan Kemampuan awal dalam kegiatan Pembelajaran. Jakarta: Delia Press.

Ningrum, L. K. (2019). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak di Kelurahan Margorejo 25 Polos Kecamatan Metro Selatan. Skripsi, Program Srata Satu, Institut Agama Islam Negeri Lampung. Lampung. Dipublikasikan.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.




DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v15i2.2998

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 rneta Sekar Arum Chusnia, Abd. Rozak

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/