PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SDN MANCAR III PETERONGAN

Yunita Miftakhul Jannah, Fatchiyah Rahman

Abstract


PMR adalah pembelajaran yang menggunakan masalah realistik. Kebermaknaan konsep matematika merupakan konsep utama dari PMR. Pada proses pembelajaran PMR dilaksanakan dengan menempatkan realitas dan lingkungan siswa sebagai titik awal pembelajaran. Pembelajaran tidak dimulai dari definisi, teorema atau sifat-sifat, akan tetapi dimulai dari konteks dunia nyata dan di transformasikan kedalam konsep matematika, diharapkan seolah-olah konsep atau sifat-sifat matematika ditemukan kembali oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) terhadap hasil belajar matematika Siswa SDN Mancar III Peterongan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-test dan Post-test group yang termasuk dalam desain praeksperimen (preexperimental design). Pengumpulan data melalui teknik tes dilakukan dengan memberikan instrumen tes yang terdiri dari pertanyaan atau soal untuk memperoleh data mengenai hasil belajar siswa pada aspek kognitif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan pada bab IV dapat disimpulkan bahwa hasil perhitungan dengan SPSS diperoleh uji paired sample test yaitu Sig = 0,000 dengan taraf signifikasi 5%. Sig < α, maka berarti H0 ditolak dengan kata lain H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa “ ada pengaruh pembelajaran matematika realistik terhadap hasil belajar matematika Siswa SDN Mancar III Peterongan”

Kata kunci: Pembelajaran Matematika Realistik, Hasil Belajar Matematika


Full Text:

PDF

References


Purnamasari, M., A. (2017). Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Purwokerto, 08 Desember 2017. (Online), (http://repository.ainpurwokerto.ac.id), diakses 10 Oktober 2019

Sutarto Hadi (2017) Pendidikan Matematika Realistik dan implementasinya. Banjarmasin: Tulip

Suwarsono, (2013) Penerapan Pendekatan PMRI Untuk Meningkatkan Kemampuan Konsep Geometri (Surabaya:Amanah Pustaka 492)




DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v16i1.3148

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Yunita Miftakhul Jannah, Fatchiyah Rahman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/