PENGARUH ALAT PERAGA KOLAM PETRIKS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI

. Sulistyowati, Ama Noor Fikrati

Abstract


Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif eksperimen Quasi Experimental Design dengan Posttest Only Control Design. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penggunaan alat peraga kolam petriks terhadap hasil belajar matematika siswa SMK PGRI 1 Jombang pada materi matriks ordo . Populasi yang digunakan yaitu seluruh siswa kelas XI di SMK PGRI 1 Jombang tahun ajaran 2022/2023. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Dari undian sampel pertama diperoleh kelas eksperimen yaitu kelas XI AKL 2 berjumlah 30 siswa, dan undian sampel kedua sebagai kelas kontrol yaitu XI AKL 1 yang berjumlah 29 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar instrumen berupa lembar tes hasil belajar. Data yang diperoleh dari nilai hasil belajar siswa (posttest) dianalisis untuk menguji hipotesis penelitian dengan menggunakan uji perbedaan rata-rata dua sampel bebas (Independent sample t-test). Berdasarkan hasil analisis menggunakan aplikasi SPSS 20.0 for windows diperoleh nilai  sebesar  maka nilai  sehingga Ho ditolak yang berarti terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar matematika siswa pada kedua sampel. Dengan adanya perbedaan tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI di SMK PGRI 1 Jombang yang diberi pembelajaran dengan dan tanpa menggunakan alat peraga kolam petriks.

Kata kunci: : alat peraga, kolam petriks, hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Amelia, R. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, And Intellectually (SAVI) Berbantuan Alat Peraga Kotak Matriks Pada Materi Perkalian Matriks Di Kelas XI MAS Pertasi Kencana NU Haruyan Tahun Pelajaran 2019/2020. Banjarmasin: Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin. uin-antasari.ac.id

Arikunto, S. (2010). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Atiaturrahmaniah, d. (2017). Pengembangan Pendidikan Matematika SD. Lombok Timur NTB: Universitas Hamzanwadi Press.

Jihad, A. (2008). Pengembangan Kurikulum Matematika. Yogyakarta: Multi Presindo.

Novitasari, D. (2015). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 2. jurnal.umj.ac.id

Orisa, V. (2016). Pengembangan Alat Peraga Pembelajaran Matematika Untuk Kelas III SD Materi Perkalian Berbasis Metode Montessori. Yogyakarta: Universitas Dharma Yogyakarta. repository.usd.ac.id

Sudjana, N. (2020). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: SBAlgosindo.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, A. (2013). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Surya, E. (2012). Visual Thinking dalam memaksimalkan pembelajaran matematika siswa dapat membangun karakter bangsa. Unimer. http://digilib.unimed.ac.id/public/UNIMED-Article-Visual%20thinking%20Karakter.pdf

Yoga. (2020). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Papan Matriks Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI MIA Materi Matriks Di MAN 4 Denanyar Jombang. Jombang: Skripsi tidak dipublikasikan.




DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v16i1.3153

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 . Sulistyowati, Ama Noor Fikrati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/