EKSPLORASI ETNOMATIKA KONSEP GEOMETRI SD PADA ARSITEKTUR MASJID AGUNG BAITUL MUKMININ JOMBANG

Demi Femy Sasongko, Siti Dinarti, Umi Nur Qomariyah, . Agustina, Sayyidatin Nasikhah

Abstract


Indonesia terdiri beberapa etik yang menganut agama kepercayaan yang berbeda-beda, memiliki berbagai macam Bahasa, serta memiliki berbagai suku diantaranya suku jawa. Sejarah islam di Jombang kurang diketahu oleh masyarakat sekitar, padahal mayoritas masyarakat Jombang beragama islam. Pada kota Jombang terdapat Masjid Agung Baitul Mukminin Jombang yang lokasinya berada di tengah-tengah pusat kota dan berdekatan dengan alun-alun kota Jombang. Arsitektur bangungan masjid sebelumnya memiliki konsep bagian dalam berbentuk persegi, dan sedikit sempit ketimbang serambi yang lebar. Bangunan dan ornamen dari masjid ini, ditemukan beberapa etnomatika yang berkaitan dengan konsep geometri. Berdasarkan hal tersebut, peneliti tertarik untuk melakukan eksplorasi terkait konsep geometri yang terdapat pada bangunan dan ornamen Masjid Agung Baitul Mukminin. Penelitian ini bertujuan mengetahui unsur-unsur etnomatematika materi geometri sekolah dasar yang terdapat pada arsitektur Masjid Agung Baitul Mukminin Jombang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data pada penelitian ini adalah hasil wawancara yang didapatkan dari informan serta observasi secara langsung. Pada penelitian ini terdapat tiga tahap pengumpulan data yaitu tahap pra lapangan, tahap kegiatan lapangan dan tahap analisis data. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara, bangunan dan ornamen pada Masjid Agung Baitul Mukminin Jombang terdapat suatu konsep matematika dimana berfokus pada materi geometri sekolah dasar. Pembelajaran matematika yang berkaitan dengan konsep geometri, yaitu bangun bidang dan bangun ruang. Konsep geometri berupa bangun bidang yang dapat ditemukan pada bangunan dan ornamen Masjid Agung Baitul Mukminin Jombang adalah persegi panjang, lingkaran, belah ketupat, persegi, segitiga, dan layang-layang. Sedangkan konsep geometri berupa bangun ruang yang dapat ditemukan pada bangunan dan ornamen Masjid Agung Baitul Mukminin Jombang adalah limas segiempat, bola, balok, kubus, dan tabung. Masjid Agung Baitul Mukminin Jombang juga dapat dimanfaatkan oleh guru dalam pembelajaran matematika yakni untuk memperkenalkan konsep matematika kepada siswa dengan melalui budaya lokal.

Kata kunci: : etnomatika, matematika, konsep geometri, masjid agung baitul mukminin


Full Text:

PDF

References


Ahyar, H., Maret, U. S., Andriani, H., Sukmana, D. J., Mada, U. G., Hardani, S.Pd.,

M. S., Nur Hikmatul Auliya, G. C. B., Helmina Andriani, M. S., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (Issue March).

Evi, S. (2011). Pendekatan Matematika Realistik (PMR) untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Siswa di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, Edisi Khus(2), 154–163.

Fadhilah, N. N. (2020). ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN MASALAH OPEN-ENDED BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA.

Faturrahman, M., & Soro, S. (2021). Eksplorasi Etnomatematika pada Masjid Al- Alam Marunda Ditinjau dari Segi Geometri. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1955–1964. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.734

Herdiansyah, H. (2015). Metode Penelitian Kualitatif untuk Ilmu Psikologi. Jakarta: Salemba Humanika, 283–284.

Izah, S. J., & Malasari, P. N. (2021). Studi Etnomatematika: Masjid Sunan Bonang dalam Pembelajaran Geometri. CIRCLE : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(01), 44–58. https://doi.org/10.28918/circle.v1i1.3597

Janan, T., & Bandung, M. R. (2022). Ethnomathematical Exploration At the Great Mosque of Bandung. 5(September).

Lumbantoruan, H. J. (2019). BUKU MATERI PEMBELAJARAN GEOMETRI 1. Carbohydrate Polymers, 6(1), 5–10.

Minuchin. (2003). UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL. 4, 147–173.

Nurmaya, R. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Etnomatematika Pada Materi Transformasi Geometri. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 123–129. https://doi.org/10.32938/jpm.v2i2.941

Nurrosadha, S. H., Agustina, Lady, & Ningtyas, Y. D. W. K. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Pada Masjid Agung At-Taqwa Bondowoso Sebagai Bahan Ajar Pembelajaran Matematika. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 8(2), 2339–2444.

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. 4, 1707–1715.

Pujangga, A. C. (2019). Etnomatematika Pada Masjid Muhammad Cheng Hoo Jember Sebagai Bahan Pembelajaran Matematika". Skripsi, Universitas Jember.

Purwasih, R. (2015). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis Dan Self Confidence Siswa MTs Di Kota Cimahi Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Jurnal Ilmiah STKIP Siliwangi Bandung, 9(1), 16–25.

Raco, J. (2018). Metode penelitian kualitatif: jenis, karakteristik dan keunggulannya. https://doi.org/10.31219/osf.io/mfzuj

Suharjana, A., Markaban, & WS, H. (2015). Geometri Datar dan Ruang di SD. PPPPTK Matematika, 53(9), 1–59.

Sukmawati, E., Ilmiah, Jannah*), M. A., Wiratama, V. P., & Fauzi, I. (2022). Jurnal PRIMATIKA, Volume 11, Nomor 2, Juni 2022. 11.

Sukmawati, S., & Amelia, R. (2020). Analisis Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Materi Segiempat Berdasarkan Teori Nolting. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(2), 223. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i5.423-432

Sundayana, R. (2018). Kaitan antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP dalam Pelajaran Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2),75–84. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.262

Suwandi, S. (2015). Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. November 2012, 22– 26.

Wulan, E. R., Inayah, A. M., Khusnah, L., & Rohmatin, U. (2021). Etnomatematika: Geometri Transformasi dalam Konteks Monumen Simpang Lima Gumul Kediri. JMPM: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(2), 187–203.

Yudianto, E., Febriyanti, R. A., Sunardi, S., Sugiarti, T., & Mutrofin, M. (2021). Eksplorasi etnomatematika pada Masjid Jami’ Al-Baitul Amien Jember. Ethnomathematics Journal, 2(1), 11–20. https://doi.org/10.21831/ej.v2i1.36329




DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v16i1.3156

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Demi Femy Sasongko, Siti Dinarti, Umi Nur Qomariyah, . Agustina, Sayyidatin Nasikhah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/