LINGKARAN KERTAS BILBUL AJAIB UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT

Nurul Fatimatuzzahro, Henky Muktiadji

Abstract


Pembelajaran daring yang dilaksanakan selama pandemi memberi banyak pengaruh negatif, diantaranya keaktifan belajar siswa menjadi berkurang yang berdampak rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini karena banyak kendala diantaranya kegiatan belajar hanya satu arah dan berpusat pada guru, memerlukan kuota internet, pelajaran dishare melaui link dan siswa terkadang mempelajarinya dan banyak kemungkinan juga tidak memutarnya. Berdasarkan hasil evaluasi google form materi operasi hitung bilangan bulat 75% anak dengan jumlah 20 anak dari 27 anak mendapat nilai dibawah KKM 60, dan 7 anak mendapat nilai diatas KKM. Untuk meningkatkan keaktifan siswa belajar maka diperlukan media pembelajaran sebagai jembatan pemahaman konsep yang abstrak ke konkret. Pembelajaran dengan menggunakan Lingkaran Kertas Bilbul Ajaib dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VI SDN Senden Peterongan Jombang pada materi bilangan bulat. Rata-rata hasil belajar pada siklus I adalah sebesar 61,45 dengan ketuntasan klasikal 40% dan meningkat pada siklus II dengan rata-rata hasil belajar sebesar 81,5 dengan ketuntasan klasikal sebesar 81%..

Kata kunci: : lingkaran krtas bilbul ajaib, hasil belajar, bilangan bulat

Full Text:

PDF

References


Siddiq Djauhar M, dkk. 2008. Pengembangan Bahan Pembelajaran, Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional

Fauziah, I.B. Sukarno. Sriyanto Ismail, I. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika di Rumah Selama Pandemi Covid-19 pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 3(4), 508. https://doi.org/10.20961/shes.v3i4.53392

Sadikin Ali.Dkk. 2020. “Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19’’,https://online-journal.unja.ac.id/biodik/article/download/9759/5665/ 24717, diakses pada 14 November 2021 pukul 21.00

Handarini Oktafia Ika. 2020. “Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19”, https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap/article/download/8503/4094, diakses pada 14 November 2021 pukul 21.00

Nurhaeni, 2019. “Pengaruh Media Kartu Bilangan terhadap Pemahaman Siswa Mengenai Operasi Pengurangan Bilangan Bulat https://ejournal.upi.edu /index.php/ pedadidaktika/ article/view/12598, diakses pada 3 Desember 2021




DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v16i1.3162

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nurul Fatimatuzzahro, . Muslimin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/