PENGARUH SELF EFFICACY TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH GEOMETRI

Nurul Aini

Abstract


Pemecahan masalah merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh setiap siswa, karena dapat mendorong siswa untuk merespon pertanyaan, terampil memilih dan mengidentifikasi konsep relevan  yang akan digunakan, merumuskan rencana penyelesaian, dan menyusun keterampilan yang sudah dimiliki sebelumnya untuk menyelesaikan masalah. Pada saat siswa memecahkan masalah, siswa tidak hanya dilatih dengan memberikan latihan soal tapi perlu diimbangi dengan Self-efficacy. Maka tujuan penelitian adalah untuk mengetahui adakah Pegaruh self efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah geometri. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian dilakukan pada salah satu Sekolah Menengah Pertama di wilayah kabupaten Jombang, yaitu SMP swadaya kesamben. Sampel penelitian ini ialah siswa kelas VII dengan jumlah siswa 19. Data yang telah didapatkan di analisis secara kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana. Teknik analisis data akan dilakukan dengan menggunakan bantuan software IBM SPSS 20. Adapun hipotesis statistik regresi linear. Berdasarkan analisis data dengan menggunakan program SPPS 20.0 nilai sig 0,000 < α, maka tolak . Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh  self efficacy  terhadap kemampuan pemecahan masalah geometri.

Kata kunci: Pengaruh, self efficacy, Pemecahan Masalah

 


Full Text:

PDF

References


Anggalia, F., Bharata, H., & Rosidin, U. (2020). Developing PBL to improve mathematical problem solving and self efficacy. International Journal of Trends in Mathematics Education Research, 3(1), 24–30. https://doi.org/10.33122/ijtmer.v3i1.129

Ariestyan, Y., Sunardi dan Kurniati, D. (2016). Proses Berpikir Reflektif Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Sistem Persamaan Linear Dua Avriabel. ©Kadikma.(7)1. 94-104

Badjiser, N. L., Suratno, J., & Angkotasan, N. (2019). Kemampuan berpikir reflektif matematis siswa dalam menyelesaikan soal program linear di SMA negeri 4 kota Ternate. Jurnal Pendidikan Guru Matematika, 53(9), 1689–1699. www.journal.uta45jakarta.ac.id

Ernawati, & Sutiarso, S. (2020). Analisis kesulitan menyelesaikan soal matematika kategori higher order thinking skillS. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika, 13(2), 178–195.

Fauziana. (2022). Pengaruh Self Efficacy Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Ipa. Pionir: Jurnal Pendidikan. 11(1), 151-162

Hardianto, G., Erlamsyah, E., & Nurfahanah, N. (2016). Hubungan antara self-efficacy akademik dengan hasil belajar siswa. Konselor, 3(1), 22–28.

Jatisunda, M.G. (2017). Hubungan Self-Efficacy Siswa SMP dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 1(2), 24-30. p-ISSN: 2528-102X e-ISSN: 2541-4321.

Khotimah, N. H., Khoirunnisa, A.,& Bilda,W. (2020). PENGARUH SELF EFFICACY SISWA SMP TERHADAP PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL. Jurnal Edukasi dan Sains, 2(2) 285-291

Malika, S., Winarti, Ayuningsih, F., Nugroho, M.,R, Sumardi, Murtiyasa, B. (2022). Manajemen Pembelajaran Matematika pada Kurikulum Merdeka. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5912 – 5918

Paridjo & Waluya, B. 2017. Analysis Mathematical Communication Skills Students In The Matter Algebra Based Nctm. IOSR Journal of Mathematics (IOSR-JM), 13 (1), 60-66, DOI: 10.9790/5728-1301056066

Rohmah, M., & Sutiarso, S. (2018). Analysis problem solving in mathematical using theory Newman. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(2), 671–681. https://doi.org/10.12973/ejmste/80630

Sari, N. H., Sutiarso, S., & Dahlan, S. (2019). Analysis of students problem solving ability by using polya steps in linear program material. International Conference on Mathematics and Science Education, 4, 39–44.

Septhiani, S. (2022). Analisis Hubungan Self-Efficacy Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3078-3086

Subaidi, A. (2016). Self-Efficacy Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika. ∑IGMA, 1(2), 64-68.

Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui pembelajaran berbasis masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 148–158.

Suryani, M., Jufri, L. H., & Putri, T. A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Kemampuan Awal. Musharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9, 119–130.

Wahyuningtyas, P. S., Setiani, Y., & Khaerunnisa, E. (2020). Pengaruh model CORE dengan pendekatan open ended terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(1), 81–96. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i1.979

Zahroh, S. H., Parno, & Mufti, N. (2018). Keterampilan pemecahan masalah dengan model search, solve, create, and share (SSCS) problem solving disertai conceptual problem solving ( CPS ) pada Materi. Jurnal Pendidikan, 3(7), 968–973

Zulfitri, H. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Setelah Pembelajaran dengan Pendekatan MEAs pada Materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel. Jurnal Gantang, 4(1), 7–13. https://doi.org/10.31629/jg.v4i1.881




DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v16i2.3409

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nurul Aini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/