PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Eka Wulan Dadari, Rohmatul Umami

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang minatnya siswa dalam pembelajaran matematika yang mengakibatkan hasil belajar siswa rendah. Ketika proses pembelajaran berlangsung, siswa hanya menerima informasi apa yang disampaikan oleh guru. Oleh karena itu, perlu suatu model pembelajaran yang dapat melibatkan keaktifan siswa agar hasil belajar siswa lebih baik, yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Untuk itu, dilakukan suatu penelitian tentang pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap hasil belajar, dengan tujuan untuk mengetahui k model pembelajaran kooperatif tipe Think pair share terhadap hasil belajar matematika siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Eksperinental dengan desain one group pretest-posttest. Peneliti menggunakan satu kelas sebagai sampel yaitu kelas VII MTs Al-Maunah untuk diambil data hasil belajar siswa sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share yang disebut Pretes dan data hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share yang disebut postes. Hasil uji hipotesis menggunakan Independent-sample T Test menunjukkan bahwa hasil nilai signifikan output SPSS didapatkan 0,001 sedangkan nilai 𝛼 = 0,05 dan 𝑡𝑖𝑡𝑢𝑛g = −3,676 sedangkan 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 = 2.100912 berarti dapat disimpulkan bahwa 𝐻1 diterima, karena 0,001 < 0,05 dan 𝑡𝑖𝑡𝑢𝑛g =−3,676 < 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 = 2.100912. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs Al-Maunah.

Kata kunci: : Pengaruh, Think Pair Share, Hasil Belajar


Full Text:

PDF

References


Abdi, M., & Hasanuddin. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share dan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(2), 99. https://doi.org/10.24014/juring.v1i2.4778

Al-Tabany, T. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstual. Kencana.

Hafni, M., & Surya, E. (2017). Efek Think-Pair-Share Dalam Meningkatkan Kemampuan. December.

Putri, C. S., Muchlis, E. E., & Rusdi. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII

SMPN 17 KOTA BENGKULU. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 3(1), 129–139.

Rozak, A., & Hidayati, W. S. (2014). Pengolahan Data Dengan SPSS. Untuk Kalangan Sendiri

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Ar- Ruzz Media.

Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodelogi Penelitian. Literasi Media Publishing




DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v17i1.3541

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Eka Wulan Dadari, Rohmatul Umami

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/