KEMAMPUAN PROBLEM POSING OF TOPOLOGY MAHASISWA BERJENIS KELAMIN PEREMPUAN STKIP PGRI JOMBANG

Syarifatul Maf'ulah, Safiil Maarif

Abstract


Salah satu tujuan pendidikan adalah pengembangan kreativitas siswa, karena berpikir kreatif diperlukan untuk menghadapi tantangan perkembangan IPTEK serta bidang-bidang lainnya. Jika siswa dituntut untuk berpikir kreatif, maka guru juga punya tanggung jawab untuk mencapai tujuan tersebut. Ini berarti guru juga dituntut untuk berpikir kreatif. Mahasiswa STKIP PGRI Jombang adalah calon guru. Sehingga kemampuan berpikir kreatif mahasiswa sebagai calon guru juga harus diperhatikan. Ternyata kemampuan berpikir kreatif bisa dilatih melalui problem posing. Dengan demikian, kemampuan problem posing mahasiswa juga penting untuk dikembangkan. Karena Peneliti mengampuh mata kuliah Pengantar Topologi, sehingga kemampuan problem posing of topology mahasiswa STKIP PGRI Jombang menjadi fokus penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan Problem Posing of Topology mahasiswa STKIP PGRI Jombang yang berjenis kelamin perempuan.

Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode tes dan wawancara. Prosedur pengambilan data adalah subjek diberi Tes Problem Posing of Topology, dilanjutkan proses wawancara. Keabsahan data menggunakan triangulasi waktu. Data hasil penelitian dianalisis dengan mengacu pada indikator kemampuan Problem Posing of Topology melalui langkah reduksi data, pemaparan data, dan menarik kesimpulan serta verifikas. Hasil penelitian ini adalah selama 30 menit, subjek membuat sebanyak 4 soal. Tiga soal dibuat dengan benar dan mempunyai solusi penyelesaian. Soal pertama, kedua, dan ketiga berturut-turut menggunakan konsep ruang topologi, titik interior pada ruang topologi, dan sifat-sifat relasi. Prosedur penyelesaian yang dilakukan subjek terhadap ketiga soal yang dibuat subjek dilakukan dengan benar. Sedangkan satu soal dibuat subjek dengan sengaja tanpa mempunyai solusi penyelesaian. Subjek ingin menyampaikan kepada peneliti jika soal dapat dibedakan menjadi dua, yaitu soal yang dapat diselesaikan dan soal yang tidak dapat diselesaikan. Sehingga subjek membuat satu soal yang tidak mempunyai solusi penyelesaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa STKIP PGRI Jombang yang berjenis kelamin perempuan mempunyai kemampuan Problem Posing of Topology dengan baik.

Kata kunci: Kemampuan Problem Posing of Topology, mahasiswa berjenis kelamin perempuan

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v4i1.374

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika



OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/