PENGARUH PENGGUNAAN SYSTEMATIC APPROACH TO PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MTS SALAFIYAH SYAFI’IYAH TEBUIRENG

Jauhara Dian Nurul Iffah, Faridatul Masruroh

Abstract


Idealnya aktivitas pembelajaran tidak hanya difokuskan pada upaya mendapatkan pengetahuan sebanyak-banyaknya, melainkan juga bagaimana menggunakan segenap pengetahuan yang didapat untuk menghadapi situasi baru atau memecahkan masalah-masalah khusus yang ada kaitannya dengan bidang studi yang dipelajari. Salah satu mata pelajaran yang dipelajari adalah matematika. Matematika sangat berguna dalam menyelesaikan permasalahan, penataan nalar dan sikap siswa agar dapat menerapkan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Terdapat berbagai macam bentuk cara dalam pemecahan masalah. Salah satunya adalah strategi pemecahan masalah sistematis (Systematic Approach to Problem Solving). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan systematic approach to problem solving terhadap hasil belajar siswa kelas VIII. Penelitian merupakan penelitian kuantitatif, dengan desain pre-test dan post test. Instrumen dalam penelitian ini adalah soal tes yang divalidasi oleh ahli pendidikan matematika. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh penggunaan systematic approach to problem solving terhadap hasil belajar siswa kelas VIII.

Kata kunci: Systematic Approach To Problem Solving, Hasil Belajar


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v4i1.376

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika



OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/