PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGURUTKAN BERBAGAI JENIS PECAHAN MELALUI PENGGUNAAN METODE PENGELOMPOKAN TUTOR SEBAYA BAGI SISWA KELAS VI SDN WATES V KOTA MOJOKERTO

Umiyati -

Abstract


Mengurutkan berbagai jenis pecahan merupakan mengurutkan nilai pecahan dengan cara membandingkan nilai pecahan lebih dari dua pecahan mulai dari pecahan terkecil ke pecahan yang terbesar atau sebaliknya dari pecahan terbesar ke pecahan terkecil. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana meningkatkan kemampuan mengurutkan berbagai jenis pecahan melalui penggunaan metode Pengelompokan Tutor Sebaya bagi siswa kelas VI SDN Wates V Kota Mojokerto?” Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas VI di ruang SDN Wates V Kota Mojokerto yang mengalami kesulitan dalam mengurutkan berbagai jenis pecahan. Metode yang digunakan untuk mengatasi kesulitan siswa adalah metode Pengelompokan Tutor Sebaya. Penelitian ini merupakan perbaikan pembelajaran yang dilaksanakan 2 siklus. Setiap siklus dilaksanakan 4 tahap yakni: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data dikumpulkan dari pengamatan aktifitas siswa dan guru serta hasil ulangan siswa. Berdasarkan temuan penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan dalam mengurutkan berbagai jenis pecahan pada siswa kelas VI yang ditunjukkan dalam siklus I dan siklus II. Dari hasil siklus I menunjukkan keaktifan siswa meningkat, sebagian besar siswa aktif mengikuti proses pembelajaran serta antusias bekerjasama dalam kerja kelompok. Begitu pula hasil ulangan siswa meningkat rata-rata menjadi 83%. Berdasarkan hasil refleksi pada akhir siklus I, maka pada siklus II dilakukan dengan menambah bimbingan khusus pada siswa atau kelompok siswa yang mengalami kesulitan, serta pembentukan kelompok secara acak (heterogen) dapat membawa hasil pada siklus II, yaitu nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 90%. Oleh karena hasil siklus II sudah memenuhi harapan penulis, maka penelitian dihentikan sampai pada siklus II selesai. Berdasarkan temuan penelitian, dapat disimpulkan bahwa dengan metode yang tepat dan bervariatif dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mengurutkan berbagai jenis pecahan. Dari hasil simpulan, maka penulis mengemukakan saran hendaknya guru menggunakan metode yang tepat dan bervariatif untuk meningkatkan peran aktif siswa dalam proses pembelajaran, sehingga hasil ulangan siswa meningkat.

 

Kata kunci:    Kemampuan Mengurutkan, Berbagai jenis pecahan, Pengelompokan Tutor Sebaya.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v4i1.381

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika



OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/