PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE BERBANTUAN MEDIA PUZZLE (KELAS 2 SDN BILAPORAH 3)

Eka Tauhida Muhtar, Umi Hanik

Abstract


Hasil Belajar siswa kelas II SDN Bilaporah 3 mata pelajaran matematika masih rendah dan masih banyak yang belum tuntas KKM 68. Hal ini disebabkan karena guru ketika menjelaskan materi monoton metode dan media  pembelajaran. Guru hanya menjelaskan di depan dan menggambarkan bangun datarnya di papan tulis tanpa ada benda konkrit. Oleh karena itu, siswa kurang tertarik dan kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran matematika. Adapun tujuan penelitian  yaitu meningkatnya aktivitas belajar siswa hingga mencapai rata-rata siswa belanjar tuntas harus mencapai 75%. Tujuan penelitian yang kedua yaitu meningkatya hasil belajar siswa hingga mencapai nilai KKM sebanyak 75% siswa setelah menggunakan model Example Non Example berbantuan Puzzle. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes hasil belajar siswa secara keseluruhan. Lembar observasi digunakan untuk mengukur aktivitas yang dilakukan siswa dalam pembelajaran. Sedangkan, lembar tes digunakan untuk mengukur peningkatan hasil belajar dari sebelum tindakan siklus 1 sampai siklus 1. Hasil penelitian  siklus 1 menunjukkan bahwa akivitas belajar siswa rata-rata nilai 89,63, dan hasil persentasi ketuntasan aktivitas belajar  89,28 % yang tergolong pada ktiteria sangat tinggi. sedangkan hasil belajar dibandingkan dengan hasil belajar pra siklus, dimana pra siklus pra siklus 66,31 dan setelah siklus 1 81,97. Persentase hasil belajar  pra siklus  yang sudah tuntas KKM sebesar 26% dan pada siklus 1 yang sudah tuntas KKM sebesar 100%. Dari rata-rata tersebut dapat diketahui bahwa hasil peningkatan dari pra siklus dengan siklus 1 sebesar 74%. Hasil tersebut membuktikan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar dan aktivitas siswa pun lebih maksimal dalam pembelajaran, sehingga dapat dikatakan bahwa penerapan model Example Non Example berbantuan media Puzzle dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi bangun datar di kelas II SDN Bilaporah 3.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v4i2.489

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika



OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/