PROFIL METAKOGNISI SISWA SMP DALAM PEMECAHAN MASALAH LUAS BIDANG DATAR BERDASARKAN TIPE KEPRIBADIAN

Ir. Slamet Boediono, M.Si

Abstract


Metakognisi  mempunyai  peran  yang  sangat  penting  dalam  pemecahan  masalah matematika.  Pemecahan  masalah  matematika  melibatkan  kesadaran  terhadap  proses  berfikir serta  pengaturan  diri.  Tujuan  dari  npenelitian  ini  adalah  untuk  mengetahui  profil  metakogni siswa SMP 2 Mojoagung berdasarkan tipe kepribadian.Subyek penelitian terdiri  dari  4 siswa dengan tipe kepribadian chlorelis, melancholis, phlegmatis dan sanguisis.Instrumen penelitian ini  terdiri  dari  lembar  tes  kepribadian,  lembar  tes  pemecahan  masalah,  dan  pedoman wawancara.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif.  Pemecahan masalah  dan wawancara    kemudian  dianalisis    berdasarkan    aktivitas  metakognisi  pada    langkah pemecahan masalah Polya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  aktivitas metakognisi dalam merencanakan : siswa tipe    chlorelis sudah menuliskan semua informasi yang diketahui dan membuat coretan coretan kecil untuk  membantu dalam penyelesaian. Siswa tipe  melancholis telah  menuliskan semua informasi yang telah diketahui tetapi tidak  membuat coretan-coretan untuk membantu penyelesaian.Siswa tipe phlegmatis menuliskan semua informasi yang telah diketahuidan  mampu  menghubungkan  dengan  apa  yang  akan  diselasaikan.  Siswa  tipe sanguisis  menuliskan  semua  informasi  yang  telah  diketahuidan  sudah  mempunyai  gambaran pada  hasil  yang  akan  ditetapkan.aktivitas  metakognisi  dalam  mememonitor  pelaksanaan    : siswa  tipe        chlorelis  telah  memeriksa  kesesuain  data  dengan  tujuan  yang  hendak  dicapai. Siswa  tipe  melancholis  telah  memeriksa  kesesuain  data  dengan  tujuan  yang  hendak  dicapai dan  dapat  mengetahui  cara  lain  apabila  mengalami  kesulitan.  Siswa  tipe  phlegmatis  telah memeriksa kesesuain data dengan tujuan yang hendak dicapai dengan penuh keyakinan, dapat menyadari  kesulitan  yang  dialami.  Siswa  tipe  sanguisis  telah  memeriksa  kesesuain  data dengan  tujuan  yang  hendak  dicapai.  aktivitas  metakognisi  dalam  evaluasi  :  siswa  tipe    chlorelis  tidak  melakukan  pemeriksaan  secara  menyeluruh.  Siswa  tipe  melancholis  telah melakukan  pemeriksaan  secara  mendalam  tetapi  belum  yakin  akan  hasilnya.  Siswa  tipe phlegmatis tidak melakukan pemeriksaan . Siswa tipe sanguisis tidak mengevaluasi hasil yang telah dicapai 

Kata kunci: profil metakognisi, pemecahan masalah geometri, tipe kepribadian 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v5i1.617

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika



OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/