UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE ( VCT ) KELAS V SDN 02 TAMANAGUNG CLURING BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2016-2017
Abstract
Proses pembelajaran khususnya Matematika akan lebih efektif dan bermakna apabila siswa berpartisipasi aktif, dengan cara tidak menunjukkan sikap pasif di dalam kelas maupun di luar kelas. Tetapi sampai saat ini masih banyak terdengar keluhan bahwa mata pelajaran Matematika membosankan, tidak menarik, yang cenderung membuat siswa menjadi kurang merespon saat pelajaran berlangsung, bahkan ada siswa yang tidak masuk sekolah dikarenakan ada mata pelajaran Matematika . Kenyataan ini adalah suatu persepsi negatif terhadap Matematika sebagai mata pelajaran umum di sekolah. Tujuan diadakan penelitian tindakan kelas ( PTK ) ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika dengan menggunakan Value Clarification Technique. Penelitian tindakan ini dilakukan dalam 3 siklus. Dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan mencapai standar ideal. Dari 59 % pada Siklus l, dapat meningkat pada siklus 2 menjadi 70 % dan siklus 3 mencapai 84. %, dan secara klasikal telah mencapai ketuntasan. Hasil penelitian tindakan ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran pembelajaran dengan Value Clarification Technique dapat meningkatkan hasil belajar Matemaaatika siswa kelas V dengan ketuntasan mencapai 100%, dengan demikian penerapan pembelajaran dengan Value Clarification Technique efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pelajaran Matematika di SDN 02 Tamanagung Cluring Banyuwangi.
Kata kunci : Value Clarification Technique, Hasil Belajar Siswa, Pembelajaran
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v5i1.619
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika
OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :
Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/