UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE ( VCT ) KELAS V SDN 02 TAMANAGUNG CLURING BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2016-2017

Sri Murtini

Abstract


Proses  pembelajaran  khususnya    Matematika      akan  lebih  efektif  dan  bermakna apabila siswa berpartisipasi aktif, dengan  cara tidak  menunjukkan sikap pasif di  dalam  kelas maupun  di  luar  kelas.  Tetapi  sampai  saat  ini  masih  banyak  terdengar  keluhan  bahwa  mata pelajaran  Matematika    membosankan,  tidak  menarik,  yang  cenderung  membuat  siswa menjadi  kurang  merespon  saat  pelajaran  berlangsung,  bahkan  ada  siswa  yang  tidak  masuk sekolah  dikarenakan  ada  mata  pelajaran  Matematika  .  Kenyataan  ini  adalah  suatu  persepsi negatif  terhadap  Matematika    sebagai  mata  pelajaran  umum  di  sekolah.  Tujuan  diadakan penelitian tindakan kelas ( PTK ) ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peningkatan hasil belajar  siswa  dalam  pembelajaran  Matematika    dengan  menggunakan  Value  Clarification Technique.  Penelitian  tindakan  ini  dilakukan  dalam  3  siklus.  Dari  hasil  tindakan  yang dilakukan  terbukti  dapat  meningkatkan  hasil  belajar  siswa  dengan  mencapai  standar  ideal. Dari 59 % pada Siklus l, dapat meningkat pada siklus 2 menjadi 70 % dan siklus 3 mencapai 84.  %,  dan    secara  klasikal  telah  mencapai  ketuntasan.  Hasil  penelitian  tindakan  ini menunjukkan  bahwa  penerapan  pembelajaran  pembelajaran  dengan  Value  Clarification Technique dapat meningkatkan hasil  belajar Matemaaatika  siswa kelas V dengan ketuntasan mencapai  100%,  dengan  demikian  penerapan  pembelajaran  dengan  Value  Clarification Technique  efektif  dalam  meningkatkan  hasil  belajar  siswa  pelajaran  Matematika  di  SDN  02 Tamanagung Cluring Banyuwangi. 

Kata  kunci  :  Value  Clarification  Technique,  Hasil  Belajar  Siswa,    Pembelajaran 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v5i1.619

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika



OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/