PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
Abstract
Permasalahan yang sering muncul dalam kegiatan pembelajaran matematika pada saat ini adalah peserta didik merasa jenuh ketika mempelajari matematika sehingga membuat siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran. Hal ini diperlukan pengolahan PBM yang baik. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui model kooperatif tipe Think Pair. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Metode pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Instrumen yang digunakan adalah soal tes dan lembar observasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dapat meningkatkan aktivitas guru dalam setiap siklus mengalami peningkatan pada siklus I ke siklus II sebesar 2 nilai dengan ketuntasan klasikal meningkat mencapai . Aktivitas belajar siswa dalam setiap siklus mengalami peningkatan yaitu pada siklus I ke siklus II dengan persentase rata-rata klasikal meningkat sebesar 5,8%. Rata-rata hasil belajar matematika siswa pada siklus I ke siklus II meningkat sebesar dengan ketuntasan klasikal meningkat .
Full Text:
XMLDOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v1i1.65
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Journal Program Studi Pendidikan Matematika
OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :
Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/