PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE QUESTION STUDENT HAVE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Royal men

Abstract


Berdasarkan wawancara dengan salah satu guru mata pelajaran Matematika SMK PGRI 1 secara garis besar ditemukan bahwa peserta didik kurang terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Strategi pembelajaran aktif tipe question student have digunakan untuk mempelajari tentang keinginan dan harapan anak didik sebagai dasar untuk memaksimalkan potensi yang mereka miliki. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain Pre-experimental yaitu one-group pretest-posttest design. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar wawancara, lembar observasi dan lembar tes yang meliputi lembar pre-test dan lembar post-test. Data yang sudah diperoleh dianalisis dengan uji normalitas dan dilanjutkan dengan analisis uji-t. Berdasarkan perhitungan diperoleh thitung 8,870  ttabel adalah 2,04. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh strategi pembelajaran aktif tipe Question Student Have terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas X SMK PGRI 1 Jombang Tahun Pelajaran 2014 / 2015”.


Full Text:

XML


DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v1i1.70

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Journal Program Studi Pendidikan Matematika



OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/