TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMK PERGURUAN MU’ALLIMAT CUKIR

Royal men

Abstract


Matematika banyak sekali digunakan untuk memecahkan suatu masalah sehingga matematika menjadi salah satu pelajaran pokok disekolah. Dari uraian tersebut, peneliti termotivasi untuk mengetahui ada tidaknya Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture terhadap hasil belajar matematika siswa SMK Perguruan Mu’allimat Cukir Jombang Tahun Pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan desain pre-eksperimen “one group pretest-posttest design”. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI APK SMK Perguruan Mu’allimat yang berjumlah 26 siswa dan sampel yang digunakan juga merupakan siswa kelas XI APK SMK Perguruan Mu’allimat yang berjumlah 26 siswa, karena jumlah populasi yang peneliti teliti kurang dari 100 orang, maka penelitian ini merupakan penelitian populasi Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar tes yang meliputi lembar pre-test dan lembar post-test.Data yang sudah diperoleh dianalisis dengan uji normalitas dan dilanjutkan dengan analisis uji-t, kemudian menarik kesimpulan sesuai dengan hasil data yang sudah diperoleh. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai thitung 5.588 ≥ ttabel 2,06 yang menyatakan Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture terhadap hasil belajar matematika siswa SMK Perguruan Mu’allimat Cukir Jombang Tahun Pelajaran 2015/2016.


Full Text:

XML


DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v1i1.71

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Journal Program Studi Pendidikan Matematika



OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/