PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN REACT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Royal men

Abstract


Pendidikan memiliki peran yang sangat penting dalam menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas. Salah satu mata pelajaran di sekolah yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan di era globalisasi adalah matematika, karena matematika memiliki keterkaitan dengan kehidupan sehari-hari baik masa kini maupun masa mendatang. Matematika merupakan salah satu ilmu dasar yang mempunyai peranan yang cukup besar dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam pengembangan ilmu dan teknologi. Guru harus berusaha membuat siswa menemukan kembali rumus atau memahami konsep yang diberikan, bekerjasama, dan bisa mengaplikasikan ilmu yang diperoleh ke kehidupan nyata dan mentransfernya dalam konteks yang baru. Strategi pembelajaran REACT merupakan salah satu strategi pembelajaran yang dilaksanakan agar tujuan pembelajaran tercapai melalui proses belajar mandiri . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh strategi pembelajaran REACT terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V MI Al-Asy’ari Keras tahun pelajaran 2014/2015.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Variabel yang digunakan adalah variabel bebas yang meliputi pendekatan strategi pembelajaran REACT dan variabel terikat yang berupa hasil belajar matematika siswa. Adapun instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar tes hasil belajar. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes. Teknik analisis data meliputi uji t (t-test)

Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil perhitungan melalui SPSS 16.00 yaitu nilai t sebesar 14,691 dengan sig (2 tailed)= 0,000. Hasil data tersebut menunjukkan bahwa probabilitas   yang mengartikan bahwa    ditolak Peneliti menyimpulkan bahwa ada pengaruh strategi pembelajaran REACT hasil belajar matematika siswa.


Full Text:

XML


DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v1i1.72

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Journal Program Studi Pendidikan Matematika



OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/