PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DISKUSI KELOMPOK KECIL (BUZZ GROUP DISCUSSIONS) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK DI MTs. NEGERI BARENG JOMBANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Royal men

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan adanya sikap jenuh peserta didik dalam proses pembelajaran, khususnya dalam proses pembelajaran matematika. Sehingga nilai hasil belajar matematika peserta didik lebih rendah daripada nilai hasil belajar pada mata pelajaran lain. Oleh karena itu digunakan metode pembelajaran diskusi kelompok kecil (buzz group discussions) dengan tujuan untuk mengetahui adakah pengaruh metode tersebut terhadap hasil belajar matematika peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, rata-rata hasil belajar matematika peserta didik dengan menggunakan metode pembelajaran diskusi kelompok kecil (buzz group discussions) adalah 91,47. Sedangkan rata-rata hasil belajar matematika peserta didik yang diajar tanpa menggunakan metode pembelajaran diskusi kelompok kecil (buzz group discussions) adalah 81,87. Hasil analisis uji hipotesis penelitian dengan perhitungan uji-t pada taraf signifikansi 5% diperoleh Asymp Sig. (2-tailed) = 0,788 dan α = 0,05. Karena berarti ditolak dan  diterima maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode pembelajaran diskusi kelompok kecil (buzz group discussions) terhadap hasil belajar matematika peserta didik di MTs. Negeri Bareng Jombang tahun pelajaran 2015/2016.


Full Text:

XML


DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v1i1.73

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Journal Program Studi Pendidikan Matematika



OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/