PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS II SDN PESANTREN TEMBELANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Sri Wicamari

Abstract


Permasalahan dalam pendidikan adalah hasil belajar siswa yang kurang memuaskan. Hal ini dikarenakan metode mengajar yang digunakan kurang dapat menarik siswa untuk lebih kreatif. Tidak terkecuali pada hasil belajar matematika pada materi penjumlahan dan pengurangan yang terjadi di kelas II SDN Pesantren Tembelang. Berdasarkan masalah di atas, maka peneliti mencoba menerapkan model pembelajaran yang dianggap lebih efektif untuk meningkatkan kualitas dan pemahaman konsep pada matematika terutama pada siswa yang kelas rendah yaitu model pembelajaran Tematik tipe Nested.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar matematika peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I aktivitas siswa dalam bertanya sebesar 65,59%, menjawab sebesar 62,37%, bekerjasama sebesar 63,44% dan bertanggung jawab sebesar 67,74%, keempat aspek tersebut termasuk pada kriteria aktif. Pada siklus II aktivitas siswa dalam bertanya sebesar 77,5%, menjawab sebesar 75,5%, bekerjasama sebesar 73,0% dan bertanggung jawab sebesar 75,5%, keempat aspek tersebut dikategorikan dalam kriteria aktif. Hasil belajar siswa meningkat baik secara individu maupun klasikal. Pada siklus I rata-rata hasil belajar matematika siswa sebesar 61,77 dengan ketuntasan klasikal 63,6%. Pada siklus II rata-rata hasil belajar matematika siswa sebesar 80 dengan ketuntasan klasikal 90,9%. Berdasarkan analisis data dari penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Tematik Tipe Nested pada materi perkalian dan pembagian dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas II SDN Pesantren Tembelang.

Kata Kunci: Tematik Tipe Nested, Aktivitas belajar, Hasil belajar Peserta didik

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v6i1.735

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika



OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/