PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS V SDN PESANTREN TEMBELANG JOMBANG

Sri Wicamari

Abstract


Rendahnya hasil belajar matematika subpokok menaksir hasil operasi hitung dua bilangan disebabkan beberapa hal antara lain (1) siswa kurang minat dalam belajar  matematika, (2) jika diberikan tugas siswa cenderung  bergantung pada siswa yang pandai.  Hal ini berakibat buruk bagi perkembangan pendidikan matematika ke depan. Oleh karena itu, perubahan proses pembelajaran matematika yang menyenangkan harus menjadi prioritas utama. Dengan adanya pemebelajaran tersebut diharapkan siswa dapat berpikir sehat, cakap serta kreatif dalam menyelesaikan permasalahan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar matematika siswa kelas V tahun ajaran 2014/2015 dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus I masuk dalam kategori cukup dengan rata-rata sebesar 2.4 sedangkan pada siklus II masuk dalam kategori baik dengan rata-rata sebesar 3,2. Hasil belajar pada siklus I nilai rata-rata sebesar 69,62 dengan persentase ketuntasan secara klasikal sebesar 66,7 % sedangkan pada siklus II nilai rata-rata sebesar 83,25 dengan persentase ketuntasan secara klasikal sebesar menjadi 85,7 %.

 

Kata Kunci : Metode Number Head Together, aktivitas belajar dan hasil belajar

                      matematika

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v5i2.737

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika



OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/