EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Siti Muazizah, Henky Muktiadji

Abstract


Pembelajaran matematika adalah suatu proses belajar mengajar yang dibangun oleh guru untuk mengembangkan kreativitas berpikir siswa, serta dapat meningkatkan kemampuan mengkonstruksi pengetahuan baru sehingga upaya meningkatkan penguasaan yang baik terhadap materi matematika (Susanto, 2013:186). Guru diharapkan mampu menciptakan kondisi belajar yang menantang kreativitas dan aktivitas siswa, menggunakan multi media, multi sumber, dan multi model pembelajaran agar tujuan pembelajaran tercapai dengan baik. Reciprocal Teaching merupakan salah satu model pembelajaran yang bertujuan untuk mempercepat tercapainya tujuan pembelajaran melalui proses belajar mandiri dan siswa mampu menyajikannya di depan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap pembelajaran matematika siswa kelas VIII SMP Sunan Ampel Jombang tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen yang menggunakan rancangan penelitian posttest only control design. Adapun instrumen yang digunakan adalah lembar tes hasil. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes tulis berupa posttest bentuk uraian. Berdasarkan analisis data dengan perhitungan program SPSS 20.0 hasil perhitungan uji t diperoleh nilai sig(2-tailed) = 0,001 < 0,05 serta nilai thitung = 3,674 ≥ ttabel = 2,001 maka H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar matematika siswa dengan dan tanpa menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching siswa kelas VIII SMP Sunan Ampel Jombang tahun ajaran 2017/2018. Karena terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa dengan dan tanpa menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching siswa kelas VIII SMP Sunan Ampel Jombang tahun ajaran 2017/2018 maka model pembelajaran Reciprocal Teaching efektif digunakan dalam pembelajaran matematika.

 

Kata kunci: Reciprocal Teaching, efektifitas

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v5i2.738

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika



OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/