PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN DAN TANPA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRCUIT LEARNING MATERI BANGUN RUANG KELAS VIII DI MTs PLUS DARUL ULUM REJOSO TAHUN AJARAN 2017/2018
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan hasil belajar matematika siswa dengan dan tanpa menggunakan model pembelajaraan kooperatif tipe circuit learning materi bangun ruang kelas VIII di MTs Plus Darul Ulum Rejoso tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi eksperimental dengan desain penelitian Posttest Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di MTs Plus Darul Ulum Rejoso yang terdiri dari 6 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII F yang terdiri dari 29 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII E yang terdiri dari 29 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dengan pemberian tes dan instrumen penelitiannya menggunakan lembar tes. Analisis data menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data dengan uji-t, diperoleh nilai Sig(2-tailed) lebih kecil dari taraf signifikan ( 0,026 < 0,05 ), maka Ho ditolak artinya ada perbedaan rata-rata hasil belajar matematika siswa dengan dan tanpa model pembelajaran kooperatif tipe circuit learning kelas VIII di MTs Plus Darul Ulum Rejoso.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Circuit Learning, Hasil Belajar matematikaFull Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v5i2.739
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika
OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :
Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/